Minggu, 08 Februari 2015

9 Pola Pikir Orang-orang Sukses Dalam Mencapai Kesuksesannya

9 POLA PIKIR ORANG-ORANG SUKSES DALAM MENCAPAI KESUKSESANNYA

Pola Pikir Sukses (Success Mindset)
Pondasi dari suatu kesuksesan bukanlah seperangkat prestasi atau gabungan dari berbagai faktor eksternal saja, akan tetapi sukses adalah suatu pola pikir. Sukses adalah sikap yang berasal dari kerangka keyakinan yang kuat dan kekuatan pikiran yang ada dalam dalam diri Anda. Karena apa yang Anda pikirkan dan apa yang Anda yakini dalam hidup Anda adalah hal yang menentukan bagaimana Anda harus bertindak dan bagaimana Anda harus mencapai kesuksesan tersebut.
Orang-orang sukses di dunia ini percaya bahwa mindset atau pola pikir yang benar sangatlah penting sebagai pondasi untuk mencapai apapun yang diinginkan. Berikut ini adalah beberapa hal yang sering diyakini oleh banyak orang sukses di dunia dalam mencapai kesuksesannya, Anda bisa menanamkan hal-hal berikut ini pada pikiran dan sikap Anda, agar Anda bisa mencapai kesuksesan yang Anda inginkan.
1. Masalah yang dihadapi adalah suatu peluang
Jangan biarkan masalah dan tantangan yang Anda hadapi menghentikan perjuangan Anda. Ketika suatu masalah muncul biasanya itu adalah pertanda bahwa Anda akan mendapatkan suatu peluang atau kesempatan baru yang lebih baik yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan. Banyak sekali orang yang menjadi sukses karena mampu mengubah suatu masalah atau kegagalan mereka dimasa lalu menjadi sebuah peluang keuntungan. Tetaplah berjuang terhadap kesuksesan yang ingin Anda capai dan selalu berfikir positif atas apapun yang terjadi. Dan jika kesempatan atau peluang muncul maka segeralah bertindak, jangan buang-buang waktu karena kesempatan tersebut bisa saja hilang.
2. Ciptakanlah suatu nilai tambah
Hal yang harus Anda pikirkan untuk mencapai kesuksesan adalah bagaimana Anda menciptakan suatu nilai tambah yang bermanfaat bagi orang lain. Kebanyakan orang sukses yang ada di dunia memperoleh keuntungan karena mereka telah menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain, entah itu dalam bentuk layanan jasa atau produk/barang. Mereka adalah orang-orang yang produktif, kreatif dan inovatif yang telah membuat kehidupan orang lain menjadi lebih mudah. Anda pun bisa memulainya dengan menciptakan suatu nilai tambah dari hal-hal yang Anda sukai (“do what you love” ).
3. Lakukan persiapan secukupnya dan jangan takut gagal
Untuk mencapai kesuksesan memang perlu persiapan, akan tetapi jika Anda melakukan persiapan secara berlebihan dan menyebabkan Anda lambat untuk bertindak maka ini bisa menjadi hal yang buruk. Jangan takut gagal jika Anda belum melakukan persiapan dengan baik, lakukan saja persiapan secukupnya, dan jangan sampai terlalu banyak berfikir atau merasa khawatir secara berlebihan dengan apa yang akan terjadi kedepannya. Karena sebaik apapun suatu rencana akan selalu ada rintangannya, akan tetapi rintangan tersebut akan selalu ada solusinya, percayalah. Jadi laksanakan saja rencana anda, segera ambil tindakan dan keajaiban akan datang (“Take action, miracle happen” ).
4. Melakukan hal yang ditakutkan
Pernahkah Anda merasa takut, khawatir, atau ragu-ragu ketika akan mengambil suatu keputusan yang besar dalam hidup Anda? Jangan khawatir dengan rasa takut Anda, rasa takut muncul bukan untuk menakuti Anda. Rasa takut yang muncul saat ingin melakukan suatu hal yang besar merupakan pertanda bahwa hal tersebut merupakan sesuatu yang berharga untuk dilakukan, percayalah dengan naluri Anda dan jangan sia-siakan kesempatan yang ada. Karena kemungkinan besar hal yang anda takutkan tersebut akan merubah hidup Anda menuju kesuksesan.
5. Percaya pada keyakinan diri sendiri dan terus perjuangkan
Jangan dengarkan dan jangan pedulikan perkataan orang lain yang tidak percaya pada impian-impian Anda, jangan dengarkan orang-orang yang mengatakan bahwa Anda tidak akan berhasil dengan rencana Anda. Bergaulah bersama orang-orang yang percaya dan mendukung impian-impian Anda, jangan membuang energi Anda untuk orang-orang negatif. Teruslah perjuangkan apa yang Anda yakini, kesuksesan Anda ditentukan oleh Anda sendiri, bukan oleh orang lain.
6. Waktu sangatlah berharga
Hargailah waktu Anda, mungkin Anda sering sekali menunda-nunda dalam melakukan sesuatu, sekalipun Anda memiliki banyak waktu lakukanlah sesegera mungkin, jangan gunakan waktu Anda untuk hal-hal yang kurang berguna. Untuk mencapai kesuksesan yang Anda inginkan dibutuhkan waktu yang tidak sebentar, jadi jangan disia-siakan. Semua orang sukses di dunia sangat disiplin dalam menggunakan dan mengatur waktu mereka (“Time is money” ).
7. Hasil yang positif diperoleh dari tindakan-tindakan yang positif 
Jika Anda menggunakan waktu untuk melakukan tindakan-tindakan positif yang menunjang kesuksesan Anda, maka hasil akhirnya pun akan positif yaitu dengan tercapainya goal atau impian-impian Anda. Kesuksesan yang besar adalah kumpulan atau gabungan dari kesuksesan-kesuksesan kecil yang menjadi satu kesatuan.
8. Kesempurnaan adalah khayalan
Tidak ada yang benar-benar sempurna didunia ini, jadi janganlah Anda menunda-nunda tindakan karena Anda merasa waktunya belum tepat atau persiapannya belum sempurna. Mungkin saja Anda bekerja dengan orang yang tidak sempurna, partner Anda tidak sempurna, produk Anda tidak sempurna, layanan Anda tidak sempurna, dll, maka itu tidak masalah, karena di dunia ini memang tidak ada yang benar-benar sempurna kecuali Tuhan. Jadi jika Andaadalah tipe orang yang menuntut kesempurnaan (perfectionist), maka Anda harus segera menjauhkan sifat tersebut, karena sifat tersebut bisa menghambat Anda untuk menuju kekusesan, hargailah setiap ketidak sempurnaan yang menghampiri Anda.
9. Anda bertanggung jawab 100% atas hidup Anda
Sangatlah mudah bagi seseorang untuk menyalahkan orang lain ketika ia mendapati suatu masalah, akan tetapi menyalahkan orang lain tidak akan menyelesaikan masalah, dan hanya akan membuang-buang energi Anda saja. Jadi janganlah menyalahkan orang lain atas masalah yang Anda hadapi. Jika Anda ingin maju, sukses, dan memperoleh kebebasan yang hakiki, maka Anda harus mau dan siap bertanggung jawab atas diri Anda sendiri, jangan bergantung pada orang lain dan jangan bergantung pada pemerintah, Anda sendirilah yang menentukan keinginan Anda, berdamailah dengan masalalu dan tatap masa depan. “You are stronger and more capable than you think”.


Kutipan dalam buku:
 "Fundamental Agar Sukses Dalam Hal Apapun"
karya Ucok Prayogo

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com