-->

Jangan Memotong Pembicaraan Orang - Etika Berbicara

Jangan Memotong Pembicaraan Orang - Etika Berbicara
Jangan Memotong Pembicaraan Orang - Etika Berbicara
Jangan Memotong Pembicaraan Orang

          Memotong pembicaraan orang lain ketika mereka tengah berbicara merupakan salah satu perbuatan yang tidak baik karena bisa menyakiti hati orang yang sedang berbicara tersebut. Apalagi memotong pembicaraan orang lain hanya karena ingin terlihat lebih pandai, lebih hebat. Ingin menjadi pusat perhatian dan sebagainya.

          Adakalanya hanya karena ingin terlihat lebih dominan dari yang lainnya, seseorang lebih banyak berbicara dalam sebuah forum sehingga ia lebih mendominasi dalam berbicara meski isi dari apa yang ia sampaikan tidak ada gunanya juga, hanya mutar-mutar tidak jelas kemudian balik lagi ke pokok pembicaraan. Semua itu dilakukannya karena ingin terlihat lebih keren dari yang lainnya padahal justeru itu akan membuat dirinya tidak disukai.

          Memotong pembicaraan orang lain juga merupakan sikap yang tidak terpuji karena tidak memberikan kesempatan kepada orang lain untuk menyampaikan aspirasi mereka. Tidak ingin mendengarkan orang lain menyampaikan apa yang hendak disampaikan hingga selesai.

          Jangan sampai hanya karena senang memotong pembicaraan orang lain kita dijauhi oleh mereka. Jangan sampai hanya karena hal tersebut orang-orang disekitar kita tidak menyukai terhadap kehadiran kita. Untuk itu, mulai sekarang cobalah untuk menjadi pendengar yang baik. Belajarlah untuk menghargai orang lain.

          Jika kita ingin di dengar dan diperhatikan oleh orang lain saat sedang berbicara, maka belajarlah untuk menjadi pendengar yang baik pula saat orang lain sedang berbicara.

          Kita tentu senang apabila saat kita berbicara didengar dan diperhatikan serta diberi kesempatan untuk terus menyampaikan apa yang hendak kita sampaikan hingga tuntas. Itu juga yang diinginkan oleh orang lain.

          Penutup: Jadilah pendengar yang baik dan jangan memotong pembicaraan orang lain ketika mereka tengah berbicara.



www.fastabiq.com
Advertisement