-->

Manfaat Shalat Tahajud Untuk Kesehatan

Manfaat Shalat Tahajud Untuk Kesehatan
Manfaat Shalat Tahajud Untuk Kesehatan

Dalam banyak hadits dan juga ayat Al-Quran, rahasia dan keajaiban shalat tahajud dipaparkan dengan tegas dan jelas. Dari hadits yang diriwayatkan oleh Abdullah Ibn Majah yang mendapatkan kesaksian dari Abdullah Ibn Muslin bahwa Rasul dengan tegas menganjurkan hal-hal yang menjamin keselamatan masuk surga, antara lain salam, berbagi makanan, sambung silaturahmi, dan shalat malam (tahajud).

Keajaiban sholat tahajud sudah tidak diragukan lagi bagi Sobat yang rutin menjalankannya. Sholat tahajud sangat dianjurkan untuk mendapatkan semua keinginan, baik kesehatan, spiritual, materi atau yang lainnya. Sholat tahajud merupakan ibadah yang memberikan kepastian doa anda pasti dikabulkan dan banyak menfaat lainnya terutama dibidang kesehatan.

eberapa ayat dan hadits telah mengklaim bahwa shalat tahajud mencegah datangnya penyakit dan menyembuhkan penyakit.  Ilmuwan berhasil mendapatkan kaitan mengenai hal ini dengan kesehatan. Pada waktu sepertiga malam terakhir, temperatur tubuh manusia akan turun hingga titik terendah, di waktu itu, sistem imun diproduksi dengan lebih baik, menggantikan imun lama yang sudah lelah melawan penyakit. Jika anda melakukannya setiap hari, anda dijamin sehat.

Perintah untuk tidur sebelum tahajud juga terbukti bermanfaat. Ilmuwan menemukan bahwa ketika bangun tidur di malam hari, otak manusia bergetar pada gelombang alpha dan theta (gelombang yang dikaitkan dengan pengalaman spiritual). Pada tingkat aktivitas ini, manusia paling mudah masuk ke pikiran superconscious (lawan dari subconscious atau alam bawah sadar). Kita menjadi sangat rileks, dan fokus karena tubuh kita mengeluarkan hormon bahagia dalam jumlah yang banyak. Perasaan tenang ini menyebabkan tubuh anda beristirahat dan tidak ada otot yang berkontraksi kecuali otot involunter, artinya pembuluh darah akan lebih lebar dan darah mengalir lancar.

Pemikiran superconscious ini adalah hal lain yang berhubungan dengan ilmu metafisika. Pikiran superconscious seringkali diperkirakan (ilmuwan tidak meyakini hal yang tidak fisis) pikiran di mana jiwa dan raga kita memiliki koneksi yang lebih kuat. Jika anda pernah mendengar tentang out-of-body-experience dan sejenisnya, hal itu terjadi di fase ini. Koneksi anda dengan Tuhan akan lebih tinggi. Mengingat adanya hukum tarik-menarik, doa yang anda pikirkan akan terkabul dengan lebih mudah. Anda ingin tahu apa yang akan terjadi kepada diri anda ketika shalat tahajud? Coba saja lakukan secara rutin, mungkin anda akan menemukan rahasia dan keajaiban shalat tahajud.

Salman Al Farisi berkata, Rasulullah Saw bersabda, “Dirikanlah shalat malam, karena sesungguhnya shalat malam itu adalah kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kamu, (shalat malam dapat) mendekatkan kamu kepada tuhanmu, (shalat malam adalah) sebagai penebus perbuatan buruk, mencegah berbuat dosa, dan menghindarkan diri dari penyakit yang menyerang tubuh.” (HR. Ahmad)

“Hendaklah kalian bangun malam. Sebab hal itu merupakan kebiasaan orang-orang saleh sebelum kalian. Wahana pendekatan diri pada Allah Swt, penghapus dosa, dan pengusir penyakit dari dalam tubuh.” (HR. At-Tarmidzi)

Sementara untuk kesehatan rohani Allah SWT menegaskan bahwa orang yang shalat tahajud akan selalu mempunyai sifat rendah hati dan ramah. Ketenangan yang merupakan refleksi ketenangan jiwa dalam menjalani kehidupan sehari-hari di masyarakat.

Allah Berfirman, “Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik. Dan orang yang melewati malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka.” (QS. Al-Furqan: 63-64)


www.fastabiq.com


referensi:
shalat-tahajud.info

Advertisement