-->

Jangan Berputus Asa

Jangan Berputus Asa
Jangan Berputus Asa
Jangan Berputus Asa

Saudaraku... Kebanyakan kita dapati orang-orang berputus asa terhadap rahmat Allah dalam dua hal:

1. Ketika ia ditimpa musibah dalam hal dunia
2. Ketika ia terjerumus kedalam dosa-dosa yang membinasakan

Maka janganlah sampai kita (apabila ditimpa dua point diatas) berputus asa dari rahmatNya, akan tetapi carilah rahmatNya yang luas! Jangan berputus asa dan gampang menyerah! Karena tidaklah seseorang berputus asa, kecuali orang-orang kaafir. Oleh karenanya putus asa dari rahmat Allah, adalah salah satu dari dosa-dosa besar yang paling besar, sebagiamana dikatakan Ibnu Mas’uud radhiyallaahu ‘anhu:

الكبائر: الإشراك بالله ، والأمن من مكر الله ، والقنوط من رحمة الله ، واليأس من روح الله

“Dosa besar yang paling besar adalah menyekutukan Allah, merasa aman dari makar Allah, putus asa terhadap rahmat Allah, dan putus harapan terhadap kelapangan dari Allah.”
(Hadits hasan sahih; diriwayatkan oleh Ath-Thabrani dalam Al-Mu’jam Al-Kabir; lihat Majma’ Az-Zawaid, juz 1, hlm. 104; kutip dari muslimah.or.id)

Sesungguhnya orang yang mau mencermati kehidupan, niscaya ia akan mendapati bahwasanya sebagian besar dari manusia tidak pernah bisa terlepas dari tekanan dan berbagai problematika kehidupan. Manusia akan mendapati dirinya berada dalam beragam permasalahan. Terkadang mereka dihinggapi rasa sakit, rasa pesimis, dan rasa putus asa. Atau dapat digambarkan bahwa hidup ini bagaikan roda, kadang di atas, kadang di bawah. Saat ini ia berbahagia, besok lusa bisa jadi berduka. Lalu, apakah setiap menghadapi kesulitan lantas harus berputus asa?

Yuk, cermati ayat-ayat dibawah ini agar kita tidak tergolong orang yang selalu berputus asa...

{Sesungguhnya, tiada berputus ada dari rahmat Allah kecuali orang-orang kafir.} (QS. Yusuf: 87)

{Sehingga apabila para rasul tidak mempunyai harapan lagi (tentang keimanan mereka) dan meyakini bahwa mereka telah didustakan, datanglah kepada para rasul itu pertolongan Kami, lalu diselamatkan orang-orang yang Kami kehendaki.} (QS. Yusuf: 110)

{Maka Kami telah memperkenankan doanya dan menyelamatkannya dari kedukaan. Dan, demikianlah Kami selamatkan orang-orang yang beriman.} (QS.A1-Anbiyr:88)

{Dan, kamu menyangka kepada Allah dengan bermacam-macam prasangka. Di situlah diuji orang-orang mukmin dan digoncangkan hatinya dengan goncangan yang sangat.} (QS. Al-Ahzab: 10-11)

Bila kita merasa masalah yang dihadapi begitu berat sampai kadang keputusasaan begitu menggelayut. Ingatlah firman-firman Allah dalam Alquran untuk menguatkan iman kita...

Jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang tidak beriman. (QS Yusuf [12]: 87).





'Aidh al-Qarni, 2004, La Tahzan, Jangan Bersedih (hal. 93), diterjemahkan oleh: Samson Rahman. Jakarta: Qisthi Press.

Advertisement