Jumat, 29 Mei 2015

Yang Pertama Membangun Ka'bah

Gambar Oleh aswjmedia.com.au

Ka’bah adalah kiblat seluruh kaum muslimin dunia yang menjadi simbol kesatuan mereka dibawah ikatan tauhid dan keimanan kepada Allah swt. Ka’bah adalah bangunan pertama di bumi, sebagaimana firman Allah swt :
إِنَّ أَوَّلَ بَيْتٍ وُضِعَ لِلنَّاسِ لَلَّذِي بِبَكَّةَ مُبَارَكًا وَهُدًى لِّلْعَالَمِينَ
Artinya : “Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadat) manusia, ialah Baitullah yang di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia.” (QS. Al Imron : 96)
Ada yang berpendapat bahwa manusia pertama pembangun Ka'bah yaitu Ibrahim.  Akan tetapi pendapat seperti itu dikatakan keliru. Lantas siapa yang mula-mula membangun Ka'bah?

 Firman Allah,
 "Sesungguhnya rumahyang mula-mula dibangun untuk (tempat ibadah) manusia  ialah Baitullah yang di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk hagi semua manusia." (AliImran: 96)

Dijelaskan oleh Ust. Muhammad Mutawalli asy-Sya’rawi (dalam Anda Bertanya Islam Menjawab) bahwa pada ayat tersebut" Dibangun untuk tempat ibadah manusia." Oleh sebab  itu, yang membangun untuk manusia tentunya bukan manusia. Ayat tersebut menekankan kepada umat manusia (Adam termasuk juga manusia). Karenanya, Ka'bah dibangun sebelum Nabi Adam as.

Jelas dan pasti, Baitullahil Haram dibangun sebelum Nabi Ibrahim a.s. Nabi Ibrahim  a.s. bersama Nabi Ismail a.s. hanya meninggikan (membina dasar-dasar bangunan yang sudah ada sebelumnya)
 Firman Allah,

 "Dan ingatlah ketika Ibrahim meninggikan (membina) dasar- dasar Baitullah bersama Ismail (seraya berdoa), ”Ya Tuhan kami, terimalah dari kami  (amalan). Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar dan Maha Mengetahui. "(al-Baqarah: 127)

Kaum muslimin meyakini bahwa pembangunan ka’bah pertama kali dilakukan oleh para malaikat, sebagaimana disebutkan Imam Ibnu adh Dhiya bahwa telah diriwayatkan dari Ali bin al Husein bahwa dia telah ditanya tentang awal mula thawaf mengelilingi baitullah beliau menjawab Sesungguhnya Allah swt telah berfirman :
وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلاَئِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الأَرْضِ خَلِيفَةً قَالُواْ أَتَجْعَلُ فِيهَا مَن يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاء
Artinya :: “Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.” (QS. Al Baqoro : 30)
Para malaikat berkata,”Wahai Allah bukankah khalifah itu dari selain kami adalah yang selalu membuat kerusakan di bumi dan menumpahkan darah.’ Maka Allah pun marah terhadap mereka lalu mereka pun melarikan diri ke arsy, mengangkat kepala, jari jemari mereka mengisyaratkan ketundukan dan menangis karena takut akan kemurkaan-Nya. Mereka mengeilingi arsy sebanyak tiga kali.” Di dalam riwayat : “tujuh kali” mengaharapkan kridhoan Tuhan mereka dan Allah pun meredhoi mereka. Kemudian Allah berkata kepada mereka,”Bangunlah oleh kalian di bumi sebuah rumah yang menjadi tempat kembali setiap orang yang Aku murka terhadapnya dari makhluk-Ku dan dia mengelilinginya (thawaf) sebagaimana kalian lakukan terhadap arsy-Ku maka Aku akan mengampuninya sebagaimana Aku telah mengampuni kalian.” Lalu mereka pun membangun ka’bah.
Terdapat riwayat pula yang menyebutkan bahwa Allah swt telah mengutus malaikat dan berkata kepada mereka,”Bangunlah oleh kalian sebuah rumah seperti al baitul ma’mur lalu mereka pun melakukannya. Allah swt memerintahkan agar rumah itu dikelilingi (thawaf) sebagaimana al baitul ma’mur. Ini terjadi sebelum penciptaan Adam as serta 2000 tahun sebelum penciptaan bumi. Dan sesungguhnya bumi dibentangkan dibawahnya karena itulah Mekah disebut dengan Ummul Quro yaitu asal negeri (bumi, pen).
Terdapat pula riwayat yang menyebutkan bahwa peristiwa itu terjadi sebelum diturunkannya Adam as ke bumi… (Tarikh Makkah al Musyarrafah hal 4)
Surat Ali Imran ayat 96-97 tadi juga menjadi dalil bahwa yang pertama kali membangun Kabah adalah para malaikat. Buktinya dalam kalimat Al-Qur'an tadi menggunakan kalimat "untuk (tempat ibadah) manusia وَضَعَ لِلنَاسِ
Ini berarti Kabah sudah ada sebelum manusia ada, karena diperuntukkan manusia. Berarti sangat jelas bahwa yang membangun Kabah pertama kali bukanlah manusia, melainkan para malaikat. Posisi Kabah ini berada tepat sejajar dengan Baitul Makmur di 'Arsy yang dijadikan tempat tawafnya para malaikat. Bahkan, Imam Al-Azraqi mengatakan, jika Baitul Makmur (di Arsy) runtuh maka akan menimpa Baitullah (di Mekah).
Wallahualam bissawab…

www.fastabiq.com


Sumber Pustaka:
Sya’rawi, Muhammad Mutawai.  2007. Anda Bertanya Islam Menjawab. Diterjemahkan Oleh: Abu Abdillah Almansyur. Jakarta. Gema Insani
Pranowo, Sigit. 2014. Asal Usul Pendirian Ka’bah. Diakses 29 Mei 2015. (online). (eramuslim.com)

Qultummedia. Sejarah Pembangunan Ka’bah. Diakses 29 Mei 2015. (online). qultummedia.com

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com