-->

Apakah Jin Bisa Dilihat Oleh Manusia?

Apakah Jin Bisa Dilihat Oleh Manusia?
Apakah Jin Bisa Dilihat Oleh Manusia?

Kita ketahui bahwasanya ciptaan Allah bukan hanya manusia, hewan dan tumbuhan akan tetapi ada juga ciptaan Allah lainnya yang tidak tampak secara kasat mata dan mereka juga ada di dunia ini yakni malaikat dan jin.
Banyak yang mengatakan pernah melihat jin, berteman dengan jin, bahkan bekerjasama dengan jin. Pertanyaannya adalah, apakah jin bisa dilihat oleh manusia?

Berikut ini penjelasan Ust. M Mutawalli asy-Sya’rawi (dalam Anda Bertanya Islam Mejawab) bahwa;
Jin dalam bentuk aslinya tidak dapat dilihat oleh manusia. Manusia hanya dapat melihat jelmaannya saja. Misalnya, jin mengubah bentuk menjadi keledai, ular, anjing atau menyerupai manusia. Jin dapat juga menyerang manusia. Wujud seperti itu bisa dilihat. Kalau jin mengubah bentuk seperti itu, manusia bisa memukul, menembak sampai dia mati. Jika jelmaannya mati, jinnya benar-benar mati. Kalau tidak, dia akan enak saja merajalela, menakut-nakuti manusia sehingga berantakan dibuatnya. Jin tahu, mengubah bentuk itu akan membahayakan dirinya, karenanya ia tidak berani sembarangan mengganggu manusia.
Ini adalah rahmat Allah bagi manusia agar jin tidak berani menampakkan diri kepada manusia dengan mengubah bentuk aslinya.
Firman Allah,

"...Sesungguhnya ia (jin) dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihatnya. Sesungguhnya kami telahjadikan setan-setan itu sebagai pemimpin bagi orang-orang yang tidak beriman. ""(al-A'raaf: 27)

Jin dapat membantu manusia dalam perbuatan sihir, missalnya mengganggu suami agar tidak lagi tertarik kepada istrinya walaupun cantik. Istrinya yang cantik ditinggal dan pindah kepada wanita lain yang jelek.
Hadits Rasulullah saw.,

"Pernah suatu ketikajin menampakkan diri di hadapanku,hampir saja aku menangkapnya dan akan aku ikat diapada dang masjid agar anak-anak Madinah menontonnya."

Sabdanya lagi,

"Tiap-tiap orang didampingi setan. Setan itu selalu akan menggodanya. Tetapi aku telah dibantu Allah hingga setan yang mendampingiku masuk Islam."
Dalam Shahih Bukhari diterangkan, Abu Hurairah r.a. menangkap jin ketika dia mencuri kurma yang disediakan untuk sedekah. Jin takut menghadapi manusia yang tabah dan waspada,tetapi manusia penakut justru akan digoda dan ditakuttakuti.
Bila seorang mengucap, "Auzubillahiminasyatannirrajim" (Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk). Mendengar itu, ia akan lari tunggang-langgang.
Apabila manusia menunjukkan sikap takut kepada setan apalagi memuja-mujanya, ia akan menjadi lebih sombong.
Firman-Nya,

"Beberapa orang laki-laki di antara manusia meminta perlindungan kepada beberapa laki-laki di antara jin, mereka menjadikanjin bertambah sombong." (al-Jin: 6)
Makhluk jin macam-macam. Ada yang beriman, ada yang kafir. Ada yang saleh dan tidak. Ada yang lurus dan menyimpang. Ada yang menolong manusia dan banyakyang mengajak jahat. Semua itu sebagai hikmah.

Dunia ini dicipta Allah untuk dihuni manusia dan jin. Jin  lebih senang tinggal di hutan, semak-belukar, rumah kosong, pantai-pantai, bahkan di rumah yang ditinggali manusia.


Sumber Pustaka:

Sya’rawi, Muhammad Mutawalli.  2007. Anda Bertanya Islam Menjawab. Diterjemahkan Oleh: Abu Abdillah Almansyur. Jakarta. Gema Insani
Advertisement