-->

Ikhlas Berpuasa

Ikhlas Berpuasa
Ikhlas Berpuasa
pic: puasa.web.id

Puasa adalah salah satu ibadah utama yang dimuliakan Allah. Hanya Allah sendirilah yang memberi nilai dan pahala atas ibadah seseorang. Kita wajib menjaga dan memelihara agar puasa kita bersih, suci, dan murni, semata-mata untuk- Nya. Setiap perintah kita terima sebagai perintah. Kita lakukan apa yang harus untuk dikerjakan dan kita tinggalkan apa yang diperintah untuk dijauhkan. Hikmah dari pelaksanaan perintah itu hanya Allah yang tahu. Seorang anak sakit, periksakan ke dokter lalu diberi obat. Apakah anak kecil itu tahu hikmah dari obat pahit yang harus ia telan untuk penyembuhannya? Dokter tentu tahu hikmah dari obat itu.

Berhati-hatilah dalam mengaitkan hukum Allah dengan sebab atau alasan. Berpuasa karena bisa menyembuhkan penyakit atau berpuasa karena bisa menurunkan berat badan. Yang demikian ini bukan ibadah dan karenanya tidak akan ikhlas. Sebab dia puasa karena ingin mendapat tujuan sampingannya saja. Orang yang ikhlas berpuasa dasarnya karena iman. Puasanya hanya semata menjalankan perintah.

Keikhlasan seseorang dibutuhkan dalam berpuasa karena ikhlas merupakan sikap dan perilaku yang menjadi pondasi dari iman seseorang. Allah tidak akan menerima suatu awal perbuatan tanpa dikerjakan secara ikhlas. Perintah untuk ikhlas ditegaskan dalam Al-Qur’an Surat Al-Bayyinah: 5 yang berbunyi: “Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan (dengan ikhlas) kepada-Nya dalam (menjalankan) agama dengan lurus, dan supaya mereka mendirikan sholat dan menunaikan zakat, yang demikian itulah agama yang lurus” Dengan demikian, dalam berpuasa hendaklah memurnikan niat guna mendapatkan keridhoan Allah sehingga puasanya diterima oleh Allah SWT.



Sumber Pustaka:
Sya’rawi, Muhammad Mutawai.  2007. Anda Bertanya Islam Menjawab. Diterjemahkan Oleh: Abu Abdillah Almansyur. Jakarta. Gema Insani

Asakdiyah, Salamatun. 2009. Syukur, Ikhlas Dan Sabar: Kunci Keberhasilan Berpuasa. Diakses 02 Juli 2015 (online dalam uad.ac.id)
Advertisement