-->

8 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

8 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh
8 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Selain menjadi ladang pahala bagi setiap umat muslim, berpuasa juga memiliki banyak manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia yang menjalaninya.
Berikuti ini kami paparkan 8 manfaat puasa bagi kesehatan tubuh yang kami himpun dari beberapa sumber.
1)   Puasa Memiliki Dampak Baik Bagi Kesehatan Jantung & Pembuluh Darah
2)      Psikologi Yang Tenang Dapat Cegah Penyakit Kronis
3)      Berpusa Berpengaaruh PadaPola Pikir yang Lebih Tajam & Kreatif
4)      PusaPencegah & Penyembuh Penyakit Mental
5)      Karena Puasa Kekebalan Tubuh Meningkat
6)      Menyehatkan Ginjal
7)      Pusa Pencegah Diabetes & kelebihan Nutrisi Lainnya
8)      Puasa Penawar Sakit Sendi/Encok
Berpuasa memiliki dampak yang sangat baik bagi kesehatan jantung. Saat berpuasa, tubuh kita ternyata mengalami peningkatan HDL dan penurunan LDL dimana menurut penelitian “chronobiological” ternyata hal tersebut merupakan hal yang baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda.
Keharusan untuk menahan amarah dan emosi saat berpuasa membuat keadaan psikologi seseorang menjadi lebih tenang dan secara ilmiah akan menurunkan kandungan kadar adrenalin dalam tubuh. Hal itu akan memberikan efek baik bagi tubuh seperti : mencegah pembentukan kolesterol dan kontraksi empedu yang lebih baik dimana hal ini dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit pada jantung,otak dan juga pada pembuluh darah.
Dengan berpuasa dapat membuat pikiran kita menjadi lebih tenang dan melambat, uniknya sebuah penelitian menyatkan ternyata perihal pikiran yang melambat ini justru membuat otak bekerja lebih tajam. Hal ini dibuktikan dengan penelitian terhadap sekelompok mahasiswa University of Chicago,mereka diminta berpuasa selama tujuh hari. Selama mereka melakukan puasa, terbukti bahwa kewaspadaan mental mereka mengalami peningkatan.
Didalam otak kita memiliki fungsi pembersih dan penyehat otak dengan bantuan sel neurogrlial. Ketika berpuasa,sel-sel neuron yang mati atau rusak, akan dihancurkan oleh sel-sel neuroglial ini,hal ini berdampak pula pada mental seseorang.
Ketika seorang berpuasa maka Limfosit akan mengalami peningkatan hingga 10 kali lipat dalam tubuh, hal ini berpengaruh besar terhadap sistem imunitas tubuh, sehingga puasa justru dapat menghindarkan kita dari berbagai jenis  virus di lingkungan luar/makanan yang tidak sehat.
Ginjal merupakan penyaring zat berbahaya dari apapun yang kita makan dan minum. Fungsi ginjal akan maksimal jika kekuatan osmosis urin mencapai 1000 hingga 12.000 ml osmosis/kg air, sementara itu satu-satunya cara untuk mengurangi asupan air yaitu dengan berpuasa.
Dengan melakoni puasa, konsumsi gula dan makanan yang berlemak dapat lebih terkontrol dan berkurang sehingga berdampak baik bagi kembalinya keseimbangan kadar gula dan kolesterol dalam tubuh.
Dengan berpuasa dengan teratur,dapat meningkatkan sel penetral (penetral bakteri) alami dalam tubuh kita dimana bisa membuat sakit encok lambat laun menuju kesembuhan. Suatu penelitian menemukan adanya korelasi antara meningkatnya kemampuan sel penetral dengan membaiknya radang sendi (penyebab encok)
Advertisement