-->

Hukum Wajib Menghormati Orang Tua Dalam Surat Al – Ahqaf Ayat 15

Hukum Wajib Menghormati Orang Tua  Dalam Surat Al – Ahqaf Ayat 15
Hukum Wajib Menghormati Orang Tua  Dalam Surat Al – Ahqaf Ayat 15
Menghormati Orang Tua
Orang tua adalah hidup dan mati kita dan orang tua merupakan orang yang sangat berjasa dalam kehidupan kita . karena berkat orang tua kita lah, kita bisa seperti sekarang ini. Kita bisa merasakan germelapnya dunia, susah senangnya hidup, dan itu berkat mereka yang mendidik kita dengan penuh kasih sayang. Oleh karena itu kita patut berterimakasih  sebanyak-banyaknya kepada orang tua kita sendiri dan juga kepada allah SWT.

            Dalam Surat Al – Ahqaf ayat 15 Allah SWT bersabda “  kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada kedua orang tua, ibunya mengandun dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah pula”.  Ibu kita mengandung sampai menyapihnya selama 30 bulan. Watu yang tidak sebentar dan di waktu – waktu itu pula ibu kita banyak sekali mengalami kesulitan dan kesakitan.

Kesakitan atau rasa yang tidak nyaman saat awal – awal mengandung bahkan sampai saat melahirkan. Saat melahirkanlah saat dimana perjuangan hidup dan mati serta perjuangan nyawa ibu kita sendiri dan nyawa bayinya atau kita.karena itulah kita harus menghormati orang tua, menghargai orang tua dan bahagiakan orang tua kita.

Di dalam ayat 15 surat Al – Ahqaf ini juga terdapat sebuah do’a ketika berumur 40 tahun dan di dalam do’a tersebut adalah bentuk rasa syukurnya kepada Allah SWT. Bunyi do’a itu adalah Ya Tuhanku tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat engkau yang telah engkau berikan kepadaku dan orang tua ku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang engkau ridhai. Berikan kepadaku dengan kepada anak cucuku, sesungguhnya aku bertaubat kepada engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.

Orang tua lah yang mendidik kita di dunia fana ini, dan orang tua lah yang mengajari kita baik buruknya suatu sifat. Banyak sekali jasa dengan penuh kasih sayang yang diberikan orang tua. Orang tua lah segalanya dalam dunia maupun akhirat nanti. Tidak hanya banyak hal baik yang sangat bermanfaat di dunia ini, orang tua kita juga akan membawa kita ke syurga Allah.

 Salah satunya dengan do’a di ayat 15 di atas. Dari 30 bulan kita di kandung, di lahirkan sampai disapih. Dan orang tua kita menjaga dengan penuh kasih sayang. Dari 30 bulan itu lah kita bisa mensyukuri semua yang di berikan Allah SWT dengan do’a tersebut dan dengan membalas berjuta kebahagian kepada orang tua kita. Dengan begitu niscaya syurga akan terbuka dan membawa orang tua kita hidup kekal di syurga.


META
JUDUL                                  : Hukum Wajib Menghormati Orang Tua Dalam Surat Al – Ahqaaf Ayat 15       
DISKRIPSI                          : Dalam Surat Al – Ahqaaf ayat 15 Allah SWT bersabda “  kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada kedua orang tua, ibunya mengandun dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah pula”.  Ibu kita mengandung sampai menyapihnya selama 30 bulan. Watu yang tidak sebentar dan di waktu – waktu itu pula ibu kita banyak sekali mengalami kesulitan dan kesakitan.

KEYWORD                         : Orang tua
Advertisement