-->

Inilah Adab Makan Ala Rosulullah yang Mulai Dilupakan Sebaian Ummat Islam

Inilah Adab Makan Ala Rosulullah yang Mulai Dilupakan Sebaian Ummat Islam
Inilah Adab Makan Ala Rosulullah yang Mulai Dilupakan Sebaian Ummat Islam

Karena Rosulullah shallahualaihi wasallam merupakan suri tauladan seluruh ummat islam maka Rosulullah Saw memberikan contoh dalam segala aspek kehidupan ummatnya, maka salah satu diantaranya adalah bagaimana adab makan yang benar dan baik sesuai tuntunannya. Di antara adab-adab makan yang diajarkan adalah sebagai berikut:
1. Dilarang Mencela Makanan
Kita dilarang untuk mencela makanan meskipun kita tidak suka. Abu Hurairah ra. berkata : “Rasulullah SAW tidak pernah  mencela makanan. Bila beliau suka, beliau memakannya. Dan jika beliau tidak menyukainya, maka beliau tdak memakannya.” (HR. Bukhari Muslim).

Ternyata sebuah penelitian Dr. Masaru Emoto dari Jepang dalam bukunya ’The True Power of Water’ menemukan bahwa ternyata  Air mampu merespon stimulus dari manusia berupa lisan ataupun tulisan. Ketika diucapkan kata-kata yang baik atau ditempelkan tulisan dengan kata-kata positif, maka air tersebut akan membentuk struktur kristal  indah, bisa menjadi penyembuh berbagai penyakit dan begitu pula sebaliknya.
2. Mencuci Tangan
Dan diantara adab makan Rasulullah adalah harus mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Rosul Saw pernah bersabda : “orang yang tertidur sedang di kedua tangannya terdapat bekas lemak karena tidak dicuci sedang ketika bangun ia mengidap suatu penyakit, maka janganlah menyalahkan sesuatu kecuali dirinya sendiri.”
3. Jangan Lupa Membaca Bismillah dan Hamdalah.
Rasulullah Saw menjelaskan dalam sebuah riwayat bahwa suatu ketika Rasulullah Saw menjelaskan ketika seorang tidak membaca Basmalah sebelum makan, maka syaitan ikut makan bersamanya. Tapi, ketika orang tersebut ingat dan menyebut nama Allah Swt, maka syaitan langsung memuntahkan makanan yang sudah ia makan.

4. Tidak bersandar ketika makan.
Jika Rasulullah Saw  makan, beliau tidak makan menggunakan alas ketika duduk misalnya bantal duduk seperti orang yang ingin makan banyak dengan menu makanan yang berbeda-beda. Rasulullah Saw menjadikan makannya sebagai bentuk  ibadah kepada Allah Subhanahu wataala, oleh karena itu beliau duduk tanpa alas dan mengambil makanan secukupnya.
Ada yang menafsirkan bahwa cara duduk Rosulullah Saw ketika makan adalah duduk menyilangkan kaki tapi ada juga mengatakan bahwa Rosulullah Saw  bersandar kepada sesuatu, entah itu bersandar di atas satu tangan, bersandar pada bantal atau bersandar pada sisi badan.


Advertisement