-->

Inilah Gaya Dandanan Perempuan yang Fashionable Tapi Tetap Syar'i

Inilah Gaya Dandanan Perempuan yang Fashionable Tapi Tetap Syar'i
Inilah Gaya Dandanan Perempuan yang Fashionable Tapi Tetap Syar'i

Wanita pada hakikitanya cantik.  Sudah sewajarnya jika sifat lahiriah seorang perempuan menuntut mereka untuk selalu terlihat cantik dalam berbagai kesempatan bahkan situasi. Salah satu cara wanita untuk selalu tampil canti adalah berdandan, atau mempercantik diri. Loh? Muslimah dandan? Memang boleh?

Kecantikan itu dibagi menjadi dua jenis yaitu cantik fisik dan cantik hati atau yang biasa disebut dengan inner bauty. Cantik fisik itu memang penting tapi tentu saja lebih penting lagi cantik ruhiyah dan fikriyah juga.

Segala sesuatu yang berkaiat dengan tubuh kita termasuk kecantikan yang kita miliki merupakan anugerah serta merupakan amanah dan titipan Allah.  Oleh karena itu, kita harus menjaganya dengan baik. Islam mengajarkan umatnya untuk berdandan, serta menjaga kebersihan serta kerapihan.


Rasulullah pun menjadi tauladan dalam hal ini. Diriwayatkan oleh Makhul, berdasarkan cerita dari Aisyah, “Beberapa orang dari shahabat Rasulullah pernah menunggu beliau di depan pintu. Lalu beliau keluar menemui mereka, sedang di dalam rumahnya terdapat bejana yang berisi air. 
Sebelum menemui mereka, beliau bercermin ke air tersebut dan merapikan jenggot dan rambutnya.” Aisyah melanjutkan ceritanya, lalu aku bertanya,’ Wahai Rasulullah, apakah engkau juga melakukan hal seperti itu?’ Beliau menjawab, ‘Benar, apabila seseorang akan keluar mendatangi saudaranya, maka hendaklah ia mempersiapkan diri, karena sesungguhnya Allah itu indah dan mencintai keindahan.”
tapi, ini bukan berarti Islam memperbolehkan kita dandan secara berlebihan. Islam lebih mengajarkan kita untuk berdandan tapi ada batasan-batasannya. Batasan yang sesuai dengan aturan-aturan syar’i yaitu menutup aurat, tidak menyerupai orang-orang kafir, tidak berdandan seperti laki-laki, tidak memakai wangi-wangian ketika keluar rumah apalagi dengan bau yang sangat mencolok sehingga dapat mendapatkan perhatian dari lawan jenis. 
Karena dengan kita berhias serta berpakaian sesuai dengan aturan-aturan syar’i secara tidak langsung kita sedang berdakwah loh. Dan yang paling penting adalah tampilan tercantik kita luar dan dalam adalah untuk suami. Setuju?
Advertisement