-->

Kesabaran Yang Dibutuhkan Dalam Mendidik Anak

Kesabaran Yang Dibutuhkan Dalam Mendidik Anak
Kesabaran Yang Dibutuhkan Dalam Mendidik Anak

Ibu itu adalah madrasah bagi anak-anaknya. Begitulah setuju atau tidak, bahwa merawat dan mendidik anak itu butuh bergunung-gunung kesabaran dari pagi sampai malam dari malam sampai pagi lagi. Tak mau turun dari gendongan, bertengkar dengan adiknya, mudah menangis, tidak mau makan, dan masih banyak lagi yang lain. Padahal kita pun sudah lelah dengan pekerjaan rumah yang tak kunjung ada habisnya.
Anak adalah ujian bagi orang tuanya, ketika itu mungkin emosi kita sudah memuncak hingga ubun-ubun, dada terasa sesak, Saat itu yang kita butuhkan adalah kejernihan pikiran sehingga bukan amarah yang menguasai kita.  Jika kita mampu bersabar dalam mendidik mereka tentu ada balasan pahala dari Allah yaitu ketika mereka telah dewasa, kala mereka terdidik dengan kebaikan yang kita ajarkan dan mereka menjadi manusia yang taat pada Robbnya.

Bagaimana mengaplikasikan kesabaran dalam mendidik anak, berikut tipsnya:
1.     Ajarkan kebaikan kepada anak
    Kesabaran dalam melakukan ketaatan pada Allah, itulah yang biasa dijelaskan para ulama kepada kita. Mengajarkan kebaikan membutuhkan kesabaran seorang yang besar dari seorang ibu. Mengajarkan doa sehari-hari, adab dan akhlak yang baik, menghafal qur’an, dan lain sebagainya.

2.     Jawab semua pertanyaan anak dengan sabar
Anak-anak biasanya suka sekali bertanya tentang hal-hal yang mereka rasa dan baru ditemui mulai dari hal yang kecil sampai hal-hal yang bahkan terasa sulit untuk menemukan jawabannya. Dalam masa tumbuh kembangnya, anak-anak akan mengalami masa dimana ia akan selalu bertanya tentang hal-hal di sekelilingnya. Maka bersabarlah menjawab setiap pertanyaan anak karena itu artinya si anak percaya kepda ibunya. Jika tidak anak akan mencari orang lain yang akan menjawab pertanyaannya dan sang ibu harus hati-hati jika anak bertanya pada orang yang tidak tepat dan berbahaya untuk agamanya.


3.     Jangan mudah emosi dan jadilah teman yang baik
   Terkadang memang menjengkelkan jika anak-anak mulai nakal, maka saat inilah dibutuhkan kesabaran. Jangan pernah meremehkan apa yang anak lakukan tapi berilah dia pemahaman layaknya seorang teman dan jadilah pendengar yang baik untuknya.

4.     Terus berusaha
Jika usaha dalam mendidik anak-anak belum juga membuahkan hasil yang maksimal maka jangan sekali-kali berputus asa, teruslah berusaha dan ingatlah bahwa Allah selalu tau apa yang telah kita usahakan dalam mendidik anak kita.

Advertisement