-->

Keutamaan Bertaubat dan Menangis Karena Allah

Keutamaan Bertaubat dan Menangis Karena Allah
Keutamaan Bertaubat dan Menangis Karena Allah


Pernah ga sih kalian cari tahu, apa manfaat dari menangis? Terus kenapa menangis suka menenangkan hati? Nah berikut ini ada 6 keutamaan atau manfaat dari menangis karena allah.

1.     Berada dalam naungan ‘Arsy
Nabi ﷺ telah berjanji, bahwa orang yang menangis karena Allah, akan menjadi salah satu dari tujuh golongan yang akan Dinaungi Allah dalam naungan-Nya di hari dimana tidak ada naungan kecuali naungan-Nya.
2.     Aman dari azab Allah
Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ’anhuma, bahwa Nabi ﷺ bersabda,
“Dua mata yang tidak akan disentuh oleh neraka; mata yang menangis karena takut kepada Allah dan mata yang berjaga di jalan Allah.” (HR. At-Tirmidzi).
Ketika ia menangis karena allah, maka allah akan membebaskan mataya itu dari azab allah.
3.     Berada dalam naungan kecintaan Allah
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda,
“Tidak ada sesuatu yang lebih dicintai Allah daripada dua tetesan dan dua bekas. Tetesan air mata karena takut kepada Allah dan tetesan darah yang tertumpah di jalan Allah. Sedangkan dua bekas itu adalah bekas-bekas fii sabilillah (jihad) dan bekas-bekas mengamalkan kewajiban Allah.” (HR. At-Tirmidzi dan Adh-Dhiya’).

4.     Diampuni dasa-dosanya
Abu Yahya, Malik bin Dinar menyatakan bahwa menangisi satu kesalahan dapat menggugurkan banyak kesalahan, sebagaimana angin yang menggugurkan daun-daun yang kering. Meskipun dua orang malaikat senantiasa menghitung nafas-nafasmu dan merekam suaramu yang pelan, serta selalu menuliskan dalam catatan amal dan tidak mengenal lupa. Namun dalam menghadapi tangisan, kondisinya bisa berbeda.
5.     Tanda taubat yang benar
Sebagian besar ulama mengatakan bahwa apabila khusuk dalam bertaubat maka dia akan mengeluarkan air mata. Bahkan sebagian ulama menetapkan bahwa pohon taubat itu tidak pernah berhenti menyerap air selama-lamanya kecuali disiram dengan air mata.

6.     Syi’ar hati yang hidup

Syi’ar hati adalah jika kita meenyesali terhadap dosa, niscaya kedua mata akan mencucurkan air mata, anggota badan akan melembutkan dengan sikap tunduk dan hati menjadi lembut dengan taubat dan khusyuk.
Advertisement