-->

Lebih Baik Susu Sapi atau Susu Kedelai? Ini Jawabannya

Lebih Baik Susu Sapi atau Susu Kedelai? Ini Jawabannya
Lebih Baik Susu Sapi atau Susu Kedelai? Ini Jawabannya

Susu murni masih terbilang yang paling populer untuk mencukupi kebutuhan gizi harian dibanding sari kedelai atau yang biasa disebut susu kedelai. Lalu manakah di antara keduanya yang paling baik menurut para ahli?

“Jika sudah biasa meminum susu murni full-fat  yang kandungan lemak jenuhnya sangat tinggi, maka susu kedelai merupakan alternatif yang baik untuk mengganti susu jenis itu. Lain halnya jika sudah terbiasa meminum susu low-fat atau rendah lemak maka tidak perlu mengganti susu Anda dengan susu kedelai” Menurut ahli gizi Curtin University, Australia, Denise Griffiths, dikutip lewat ABC Australia.

Menurut Griffiths “Walaupun kedelai sering dianggap lebih sehat karena rendahnya tingkat kolesterol yang terkandung, tetapi tidak selalu menjadi alternatif yang baik untuk menggantikan susu dalam setiap hal”


Salah satu alasan mengapa orang sangat disarankan untuk minum susu sapi adalah dikarenakan susu merupakan salah satu makanan yang nutrisinya paling lengkap. Kalsium susu sapi murni lebih cepat diserap oleh tubuh, tetapi tidak untuk susu olahan.

“Tidak pernah ada pernyataan dalam penelitian ilmiah yang menganjurkan untuk mengganti susu sapi murni dengan susu kedelai. Keduanya mengandung protein, serat, karbohidrat serta vitamin. Jangan lupa bahwa susu sapi murni merupakan sumber kalsium yang lebih baik” Ungkap Griffiths.

Penelitian juga menerangkan jika mengkonsumsi makanan yang mengandung isoflavon dapat mengurangi kolesterol jahat, pengurangan pembekuan darah, mengurangi resiko stroke, sakit jantung, dan mengatur kadar gula darah. Dan susu keledai memiliki kandungan isoflavon tersebut.

Menjaga berat badan pun dapat Anda lakukan dengan cara mengkonsumsi susu kedelai, karena kandungan di dalam susu tersebut dapat mengontrol rasa lapar.

Akan menjadi lebih bermanfaat jika Anda dapat meminum kedua susu tersebut secara bergiliran agar mendapat masing-masing manfaatnya secara seimbang.


"Jauh lebih baik jika Anda bisa mengonsumsi keduanya secara bergantian untuk mendapatkan masing-masing manfaatnya. Menu yang beragam juga seimbang dapat membuat Anda menjadi lebih sehat. Disarankan jika Anda berbelanja, Anda membeli banyak produk yang bermanfaat untuk kesehatan sehingga Anda mendapat semua nutrisi yang dibutuhkan secara beragam.”
Advertisement