-->

Makanan Yang Menyebabkan Sakit Kepala

Makanan Yang Menyebabkan Sakit Kepala
Makanan Yang Menyebabkan Sakit Kepala

Kita sering mengatakan bahwa rasa sakit kepala itu disebabkan karna kita tertekan terhadap sesuatu padahal bisa jadi sakit kepala yang kita rasakan itu adalah akibat makanan atau minuman yang kita konsumsi sehari-hari. Setiap orang punya sensivitas yang berbeda-beda terhadap semua jenis makanan dan sakit kepala akibat mengkonsumsi makanan tertentu akan sulit dikenali karena efeknya baru bisa dilihat setelah tiga puluh menit mengkonsumsi makanan.
Sakit kepala bisa dipicu oleh pola makan kita dalam dua hal, yaitu:
1.    Kadang beberapa orang menganggap beberapa makanan tertentu menjadi penyebab timbulnya sakit kepala.
2.      Kebiasaan makan yang kurang baik misalnya terlambat makan atau kurang asupan cairan yang juga dapat menimbulkan sakit kepala.


Sakit kepala terkadang muncul tanpa diduga mulai dari nyeri yang terasa sesaat hingga rasa sakit berdenyut selama berjam-jam dan bisa saja hal itu disebabkan makana yang dikonsumsi beberapa waktu sebelumnya. Ada beberapa jenis minuman dan makanan yang perlu dihindari
1.      Kafein.
Konsumsi kafein yang terlalu banyak setiap hari bisa menyebabkan sakit kepala, oleh karena itu kurangi jumlah konsumsi kafein anda setiap hari dianjurkan hanya dua kali penyajian setiap hari.
2.      Keju
Kandungan keju yang dapat menyebabkan sakit kepala adalah banyak mengadung tiramin semakin lama maka kandungan tiraminnya akan semakin banyak. Makanan yang juga banyak mengandung tiramin yaitu bawang merah, kacang-kacangan, dan minyak zaitun.
3.      Zat tambahan makanan
Zat-zat yang dicampurkan ke dalam makanan sebagai tambahan bisa menjadi pemicu timbulnya sakit kepala sebagaimana efek dari tiramin. Zat-zat tersebut mampu meningkatkan aliran darah ke kepala.
4.      Minuman keras
Setelah meminum minuman keras kadang sebagian orang merasa pusing yang paling banyak berasal dari minuman jenis anggur merah. Biasanya orang yang sensitif terhadap anggur merah juga sensitif terhadap coklat.
5.      Es cream
Jika sakit kepala tiba-tiba terasa setelah makan es krim atau minuman dingin itu sebenarnya adalah reaksi tubuh terhadap rasa dingin. Rasa sakit itu biasanya tidak akan lama hanya sekitar tiga puluh atau enam puluh detik.
Untuk meringankan rasa nyeri bisa dilakukan dengan cara menerapkan pola makan yang sehat dan baik, misalnya dengan membiasakan diri untuk makan tiga sekali sehari ditambah satu kali makan camilan pada malam hari. Yang perlu diperhatikan juga adalah memperhatikan protein yang cukup dan hindari konsumsi gula berlebih.



Advertisement