-->

Manfaat dan Nilai Keutamaan Senyum dalam Perspektif Islam

Manfaat dan Nilai Keutamaan Senyum dalam Perspektif Islam
Manfaat dan Nilai Keutamaan Senyum dalam Perspektif Islam
 
              Seseorang jika sedang berada dalam kondisi tidak nyaman atau bahasa gaulnya yaitu “badmood” pasti akan merasa lebih baik jika ada seseorang yang memberinya senyum. Itulah hal ajaib yang ada dalam gerakan ini. Hal itu sendiri di dalam ajaran Islam juga terdapat dalam sebuah hadist yang artinya “Nabi Muhammad SAW telah bersabda, senyummu di depan saudaramu adalah sedekah.” (HR. At Tirmidzi). Hadist ini telah mengajarkan kepada kita, bahwa gerakan senyum yang selama ini mungkin kita anggap sepele tenyata memiliki nilai yang sangat berharga di dalam pandangan agama.

            Informasi lebih lanjut lagi, gerakan ini selain bisa membuat hati kita maupun orang lain menjadi bahagia, ternyata juga mempunyai manfaat dan nilai keutamaan tersendiri dalam ajaran Islam. Diantaranya sebagai berikut :

1.       Bernilai Ibadah

Sesuai dengan hadist yang telah disebutkan diatas bahwa senyum yang kita berikan di depan saudara kita adalah termasuk suatu sedekah. Sedekah disini pastinya bernilai sebagai ibadah. Jadi kesimpulannya jika kita mengerjakan hal ini berarti kita telah mengerjakan sebuah ibadah.

2.      Menghargai Kebaikan

Salah satu cara untuk berterima kasih kepada orang lain adalah dengan tersenyum. Karena hal ini berarti kita telah menghargai kebaikan orang yang telah membantu kita ataupun yang telah memberikan kita sebuah kebaikan.

3.      Menjadi Obat Hati, Fikiran, dan Jiwa

Sesuai dengan hadist yang artinya Rasulullah SAW bersabda : “Janganlah kamu terlalu membebani jiwamu dengan segala keseriusan hidup. Hiburkanlah dirimu dengan hal – hal yang ringan dan lucu karena jikalau jiwa terus dipaksa memikul beban – beban yang berat ia akan menjadi keruh.” (HR. Ibnu Majah) dari hadist ini kita dianjurkan untuk menyegarkan hati, fikiran, dan juga jiwa dengan hal yang mengandur unsur humor, karena jika kita bisa untuk tertawa lagi, maka kita tidak akan stress dengan banyaknya masalah yang ada.

4.      Dapat meredakan dan menenangkan hati serta emosi diri sendiri ataupun orang lain.

Senyum juga bisa menjadi obat mujarab dikala kita sedang dalam keadaan yang penuh emosi. Meredam emosi dengan gerakan ini juga disertai dengan bersabar. Lebih pentingnya lagi, selain bisa meredakan emosi diri sendiri, hal ini juga bisa menenangkan emosi orang lain.

Banyak manfaat yang bisa kita ambil dari tersenyum. Pandangan agama Islam pun juga sudah memberikan banyak sekali manfaat dan nilai keutamaannya. Tinggal kita sebagai hamba yang taat untuk mengerjakan segala sesuatu yang dianjurkan oleh Allah SWT. Semoga bermanfaat dan bisa menambah informasi untuk pembaca.


META
Judul                     : Manfaat dan Nilai Keutamaan Senyum dalam Perspektif Islam
Deskripsi            : Seseorang jika sedang berada dalam kondisi tidak nyaman pasti akan merasa lebih baik jika ada seseorang yang memberinya senyum. Itulah hal ajaib yang ada dalam sebuah senyum. Ternyata gerakan senyum mempunyai manfaat dan nilai keutamaan tersendiri dalam ajaran Islam.

Keyword             : Senyum
Advertisement