-->

7 Makanan yang Akan Membuat Anak Anda Makin Pintar

7 Makanan yang Akan Membuat Anak Anda Makin Pintar
7 Makanan yang Akan Membuat Anak Anda Makin Pintar

Memiliki anak pintar dan cerdas merupakan dambaan setiap orang tua. Bayangkan, anak-anak cerdas, terutama prestasi tentu orang tua bangga dan bahagia. Namun, kecerdasan anak bukanlah datang dengan sendirinya. Selain faktor genetik, asupan gizi melalui makanan yang diberikan juga mempengaruhi kecerdasan anak.


Jika demikian, makanan apa yang harus diberikan kepada anak?

Neal Barnard, MD, ahli gizi dari Amerika Serikat yang juga penulis buku Daya Makanan untuk Otak, memiliki jawaban untuk orang tua. Beberapa makanan yang tercantum di bawah ini kaya nutrisi dan bermanfaat bagi perkembangan otak anak.

1.           Telur
Selain harganya terjangkau, telur juga dapat dikombinasikan dengan berbagai menu lezat lainnya. Terutama kuning telur mengandung kolin yang merupakan zat yang membantu miningkatkan memori otak anak.

2.           Roti Gandum
Otak membutuhkan pasokan konstan glukosa dan gandum yang dapat membantu proses pelepasan glukosa dalam tubuh. Gandum juga mengandung vitamin B yang membantu menjaga kesehatan sistem saraf. Sang ibu dapat menggabungkan roti gandum dengan selai kacang karena selai kacang kaya akan vitamin E yang membantu penggunaan glukosa untuk kebutuhan energi dalam tubuh.

3.           Sayuran Berwarna
Yang dimaksud dengan sayuran berwarna cerah yaitu sayuran seperti bayam, tomat, kentang, dan wortel. Sayuran ini merupakan sumber antioksidan yang baik untuk memperkuat sel-sel otak.

4.           Daging sapi tanpa lemak
Daging sapi kaya akan zat besi dan seng. Besi membantu anak menjaga daya tahan tubuhnya, sedangkan seng berfungsi untuk mempertajam memori. Untuk ibu-ibu, hal ini membantu menyediakan potongan daging sapi tanpa lemak kepada anak yang terasa manfaat untuk gizi.

5.           Kacang Merah
Dari semua keluarga kacang-kacangan, lentil adalah rute paling kaya akan asam lemak Omega-3, yaitu ALA. Dengan begitu, makanan sangat baik untuk perkembangan otak anak. Banyak anak-anak sekarang yang tidak mau makan kacang merah. Bahkan, selain baik untuk otak, makanan kecil ini juga kaya protein dan karbohidrat kompleks.

6.           Salmon
Dibandingkan tuna, salmon mengandung asam lemak Omega-3 lebih banyak, terutama DHA dan EPA. Kedua asam lemak ini secara langsung berkaitan dengan perkembangan fungsi otak anak-anak. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa anak-anak yang memperoleh asupan omega-3 asam lemak lebih mampu berpikir lebih tajam dari yang tidak mendapatkan asupan ini.

7.           Susu dan Yogurt
Susu dan yogurt kaya akan protein dan vitamin B yang sangat penting dalam pertumbuhan jaringan otak dan neurotransmitter. Tak heran, sejak awal kehidupan bayi, ASI dan  susu formula serta asupan gizi mungkin tetap harus diberikan.


Advertisement