-->

Tips Mengajari Anak untuk Mandiri, Mulai Dari Makan

Tips Mengajari Anak untuk Mandiri, Mulai Dari Makan
Tips Mengajari Anak untuk Mandiri, Mulai Dari Makan

Jika seorang anak telah tumbuh dan dapat menggerakkan anggota badanya dengan baik maka yang perlu dilakukan oleh para ibu adalah mengaji anak makan serta minum. Nah inilah yang menjadi kedala bagi sebagian bunda, biasanya anak-anak sulit makan atau jika mereka makan akan membuat berantakan, nasi dimana-mana yang membuat pusing sebagian bunda. 

Tapi bunda harus tetap sabar karena hal ini harus diajarkan sejak dini kepada anak agar mereka memilki etika dalam makan kedepanya. Lakukan pengajaran dengan lembut dan telaten agar si kecil senang, ajarkan mereka mengenali serta memanfaatkan alat-alat makan yang anda siapkan.

Sebagi bunda anda harus ekstra sabar dan telaten karena pada usia seperti ini anak masih sangat aktif-aktifnya dan seringkali mencari hal-hal baru sehingga kegiatan makan seringkali mereka tinggalkan,padahal dalam usia mereka harus mendapat asupan makanan yang cukup untuk menunjang perkembangan mereka. Untuk itu ajarkan makan pada anak secara sabar. 

Berikut adalah cara mengajari anak makan dengan baik dan benar,

Berikan yang Anak Suka
Berikan makanan yang anak anda sukai, sebagai daya tarik.

Siapkan Tempat yang Nyaman
Siapkan tempat yang nyaman untuk si anak makan, jangan mengajarkan anak makan sambil berdiri atau bahkan dengan berjalan-jalan, karena hal ini dapat membuat si anak terbiasa.

Ajarkan Cara Makan yang Sopan
Ajarkan pada anak cara makan yang baik dan sopan, perhatikan cara duduk dan cara makan anak.

Gunakan Media Makan yang Menarik
Gunakanlah media makan yang dapat menarik minat anak, seperti mangkuk, gelas dan, sendok yang memiliki bentuk karakter lucu yang mereka sukai.

Temani Saat Makan
Temani si anak makan, dengan begitu anda dapat memperhatikan dan dapat membenarkan jika ada kesalahan pada saat anak sedang makan.

Stop Marah Marah
Jangan marah-marah saat anak membuat kotor meja atau lantai, bersihkan secara berkala agar anak dapat memahami bahwa dia harus makan dengan bersih.


Tidak mudah menjadi seorang bunda oleh karena itu kalian para bunda harus tetap belajar,dan berusaha menjadi bunda yang baik untuk putra dan putrid anda. Mengajarkan etika dan kemandirian makan  pada anak sejak dini merupakan sebuah kewajiban bagi para bunda, jangan sampai anak bunda tumbuh bergantung dengan bunda. Nah bunda selamat berjuang untuk anak anda semoga sukses.
Advertisement