-->

Tips "Menyapih" Anak Dengan Telaten Tanpa Membuat Rewel

Tips "Menyapih" Anak Dengan Telaten Tanpa Membuat Rewel
Tips "Menyapih" Anak Dengan Telaten Tanpa Membuat Rewel


Menyapih anak merupakan hal yang gampang-gampang susah karena dapat membuat buah hati dan bunda berjarak, tentunya hal ini tidak bunda inginkan karena kedekatan bunda yang telah terjalin sebelumnya menjadi renggang. 

Namun hal ini perlu anda lakukan karena anak akan semakin tumbuh besar, masak iya? di umurnya yang sudah besar buah hati anda masih minum ASI?. Nah bunda mungkin sedikit berat ya melakukan ini tapi bunda harus yakin bahwa inilah yang terbaik untuk buah hati bunda.

Rewel dan tidak terima saat disapih itu merupakan hal wajar yang dilakukan anak saat masa awal penyapihan, karena anak belum terbiasa berjarak dengan bunda, namun perlu bunda ketahui bahwa ada beberapa cara yang baik untuk menyapih buah hati tanpa membuatnya rewel berikut caranya,

Mulailah kurangi intensitas menyusui anda terhadap buah hati dengan mengalihkan perhatiannya terhadap hal lain seperti mainan atau makanan kecil (biscuit atau cereal)
Berikan pengertian pada anak secara sabar  agar tidak menyusu lagi pada anda, meskipun anak belum dapat berbicara namun dia bisa memahami apa yang kita ucapkan.

Jangan biasakan anak menyusu dengan botol atau menyedot empeng karena itu akan membuat anak tidak bisa lepas dari kebiasaannya, dalam hal ini peran ke dua orang tua sangat di butuhkan terutama ayah, ajak anak untuk jalan-jalan atau melhat-lihat sekitar agar perhatian mereka teralihkan.

Jangan membuat anak tertekan dengan meninggalkan dia dirumah nenek atau kerabat selama berhari-hari karena hal ini justru akan membuat si dia menjadi depresi, harus menyesuaikan diri dengan lingkungan baru setelah kehilangan kebiasaan menyusunya.

Jika anak masih belum bisa menerima gunakanlah cara, agar anak anda dengan sendirinya tidak mau menyusu seperti mengolesi puting susu anda dengan ramuan berasa pahit atau makanan tang tidak dia sukai.

Biasakan anak mulai mengonsumsi nasi atau bubur, karena jika anak telah mengonsumsi makanan lain rasa lapar pada perutnya otomatis akan berkurang.

Nah, bunda sekian tips dari saya semoga bisa bermanfaat untuk program menyapih anak anda selamat mencoba dan terimakasih.


Advertisement