Kamis, 29 Oktober 2015

4 Cara Bergaul secara Islami

Bergaul memang bukanlah hal yang salah, akan tetapi dalam bergaul juga tidak boleh yang sembarangan. Bergaul dengan sembarangan dapat memberikan efek yang buruk bagi diri sendiri. Sedangkan bergaul yang baik juga sudah pasti akan memberikan efek yang positif. Untuk umat muslim sebenarnya sudah diajarkanbagaimana cara bergaul yang baik.
Berikut cara bergaul yang baik sesuai ajaran Islam :
1.       Saling menghargai
Saling menghargai adalah sebuah kunci utama dalam bergaul yang baik. Dengan saling menghargai pergaulan akan menjadi lebih tenang dan juga nyaman. Saling menghargai juga akan membuat pergaulan menjadi lebih harmonis.
2.       Bisa di andalkan
Dalam bergaul cobalah menjadi sosok yang bisa di andalkan. Dengan begitu banyak teman yang akan meminta pertolongan karena hal tersebut. Pergaulan akan memberikan dampak positif karena dapat saling tolong menolong.
3.       Dapat di percaya
Dalam pergaulan sudah seharusnya dapat dipercaya. Dengan begitu teman dapat dengan leluasa  berkeluh kesah karena ia sudah percaya bahwa rahasianya akan tetap terjaga. Anggaplah rahasia teman anda adalah rahasia anda juga dengan begitu rahasia tersebut tidak akan bocor dan membuat teman menjadi terganggu.
4.       Humoris
Humoris merupakan sebuah sifat yang sangat baik dalam  bergaul. Dengan humoris pergaulan akan menjadi lebih menyenangkan. Keakraban pun juga akan terjalin antara satu dengan yang lainnya.

Itulah cara yang telah di ajarkan Islam untuk pergaulan yang baik. Selain itu anda juga harus saling mengenal dengan baik. Jangan sampai dalam bergaul anda hanya mengenal namanya saja tanpa mengetahui latar belakang dari orang tersebut. Dalam memilih teman bergaulpun juga jangan sembarangan. Usahakan untuk memilih teman yang shaleh ataupun shalehah karena hal tersebut juga akan memberikan efek pada anda. Teman yang shaleh ataupun shalehah pasti akan saling mengingatkan hal yang baik seperti waktu shalat ataupun yang lainnya. Dengan bergaul anda juga dapat bersosialisasi dengan orang lain. Anggapah teman pergaulan anda sebagai keluarga kedua, jadi jangan sia-siakan mereka karena hal tersebut akan memberikan dampak yang tidak baik bagi anda.

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com