-->

4 Makna Toleransi Dalam Ajaran Islam

4 Makna Toleransi Dalam Ajaran Islam
4 Makna Toleransi Dalam Ajaran Islam
Toleransi memang merupakan sebuah hal yang sangat penting dalam masyarakat. Terutama di Indonesia, Karena di Indonesia terdapat banyak macam agama yang ada. Toleransi antar umat beragama harus di junjung tinggi agar keharmonisan tetap terjaga. Untuk Islam sendiri memang sudah di ajarkan mengenai toleransi antar umat beragama. Toleransi sendiri dapat di perlihatkan dari sikap seseorang. Di dalam Islam ada banyak sekali sikap yang menunjukkan toleransi antar umat beragama.
Berikut beberapa sikap yang bisa di lakukan umat muslim untuk bertoleransi dengan agama lain.
Sikap tolong menolong
Pada agama Islam di ajarkan untuk saling tolong menolong sesama umat manusia. Dalam melakukannya umat muslim tidak di anjurkan memandang agama orang yang di tolongnya. Atau dalam kata lain umat muslim di ajarkan tolong menolong sesama umat muslim ataupun non muslim asalkan dengan tujuan yang baik.
Berbuat baik pada tetangga
Seluruh umat muslim memang di ajarkan untuk berbuat baik pada tetangga baik tetangga tersebut beragama muslim ataupun non muslim. Dengan berbuat baik keharmonisan pasti akan terjaga.
Adil
Umat muslim juga di ajarkan untuk adil dalam semua hal termasuk hukum. Umat muslim tidak di perbolehkan melakukan hal semena-mena terhadap orang yang memeluk agama lain. dalam hukum pun juga harus adil, hal ini bertujuan untuk menjalin hubungan yang baik dengan agama lain. Bila keadilan tidak di junjung tinggi mungkin konflik antar agama justru akan terjadi.
Larangan membunuh
Mungkin hampir di semua ajaran agama memang melarang para umatnya untuk melakukan pembunuhan. Di Islam pun juga demikian, umat Islam memang di larang untuk membunuh baik itu orang beragama Islam ataupun agama lainnya. Akan tetapi pada Islam membunuh kaum yang memerangi Islam di perbolehkan. Hal tersebut di perbolehkan karena kaum yang memerangi Islam pasti akan memberikan ancaman keselamatan bagi umat Islam itu sendiri.

Memang bertoleransi itu sangatlah baik. Akan tetapi dalam bertoleransi juga tidak boleh berlebihan. Seorang muslim harus bisa membedakan urusan agama dan urusan lainnya.  
Advertisement