Kamis, 29 Oktober 2015

Apa itu Riba?

Pengertian riba sangatlah banyak macamnya seperti pendapat imam sarakhsi adalah tambahan uang atau nominal uang yang telah di tentukan sebelum peminjaman terlaksana. Dan banyak lagi para pembesar pembesar islam yang mengartikan apa yang di maksud dengan riba  itu. Namun secara umum pengertian riba adalah sama  seperti bunga atau  tambahan nominal uang atau barang yang di perjual belikan dengan jangka waktu yang telah di tentukan. Berikut ini macam macam riba dan pengertian nya dalam islam :
1.      Riba fadhl : yang berarti pertambahan nominal uang atau barang akibat pertukaran barang barang yang sejenis dan tidak memenuhi kriteria.
2.      Riba nasiah : maksud riba ini adalah timbul akibat hutang piutang  yang memunculkan resiko dan bunga biaya peminjaman
3.      Riba jahilyah : adalah pembayaran hutang dengan melebihi pembayaran pokok karena tidak mampu untuk membayar hutang yang telah jatuh tempo.  Hal ini sering di manfaat kan oleh pihak peminjam dengan mengambil keuntungan yang banyak, seperti memeras sang peminjam hutang.

Inilah alasan mengapa riba itu di larang dikarenakan sistemnya hanya menguntungkan sepihak saja yaitu bagi pemberi pinjaman yang mendapatkan keuntungan besar saat memberikan pinjaman  dan sangat merugikan pada sang peminjam barang atau uang karena harus membayar bunga atau denda lebih dan bahkan jika melampaui batas waktu pengembalian uang dan barang tersebut maka bunga akan menjadi 2X lebih banyak dari perjanjian awal. Hukum riba dalam islam adalah haram  karena mengambil harta, modal, barang yang telah ada pada perjanjian awal dengan cara yang bathil, jadi bagi kita yang hendak berniat meminjam uang pada rentenir berupa uang maupun barang kita harus  hindari niatan itu karena allah telah melarang dan menjelaskan dalam hadist dan kalam kalamnya, allah maha tahu dan maha mendengar setiap perbuatan yang kita kerjakan. demikian artikel yang menjelaskan tentang riba, hukum dan pengertiannya semoga bermanfaat bagi pembaca, sekian terimakasih

1 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com