Kamis, 29 Oktober 2015

Barakah Dari Puasa Syawal

Barang Siapa yang dapat menjalankan puasa enam hari di bulan Syawal maka orang tersebut termasuk orang yang beruntung karena keutamaan orang yang menjalankan puasa ini sangat lah besar. Dalam sebuah hadist dijelaskan bahwa: “Barang siapa yang menjalankan puasa Ramadhan lalu menyambungnya dengan berpuasa enam hari di bulan Syawal maka ia bagaikan orang yang berpuasa sepanjang tahun”. Hadist tersebut menganjurkan untuk melakukan puasa 6 hari di bulan syawal. Alasan dari kalimat bagaikan berpuasa sepanjang tahun adalah karena satu kebaikannya dinilai sepuluh kali lipat. jadi Bulan Ramadhan sama dengan sepuluh Bulan dan enam hari di bulan Syawal sama dengan dua Bulan.
Puasa Ramadhan dan puasa enam Syawal ini sudah dihitung secara rasional, barang siapa yang melakukan kebaikan dengan tulus satu kali maka akan dilipatkan menjadi sepuluh. Hitungan ini juga diperhitungkan oleh Rasulullah dengan maksud agar semua kaumnya mau melakukan kebaikan dengan ikhlas.
Agar kita menjadi salah satu hamba yang dekat dengan kasihnya Allah maka sebaiknya kita berusaha melakukan hal hal yang diperintahkan baik yang wajib maupun yang sunah. Kita hindari memilah milah perbuatan yang wajib maupun yang sunah tapi kita berusaha menjalankan kedua perintah tersebut.
Puasa Syawal juga mampu memperbaiki kecacatan yang mungkin terjadi pada puasa di bulan Ramadhan. jadi intinya puasa enam hari di bulan Syawal adalah penyempurnaan dari puasa di bulan Ramadhan dan menghindari kelalaian setelah Ramadhan. Seorang hamba yang menunjukkan cintanya kepada Allah dan rasulnya akan melakukan apa yang sudah diperintahkan kepadanya. Semakin dalam cintanya kepada Islam semakin rajin pula menjalankan perintah yang wajib dan sunahnya. Allah berfirman: “Tidak ada sesuatu yang paling aku sukai kecuali hamba ku yang mau mendekatkan dirinya kepadaku dengan melakukan apa yang aku perintahkan kepadanya”.

Allah akan mencintai hamba yang mencintainya pula, oleh sebab itu kita berusaha menjadi muslim yang baik agar di dunia diberi kenikmatan dan di akhirat masuk surga tanpa hisab dengan kenikmatan yang tiada batasnya. Semoga artikel ini dapat memberi manfaat untuk semua yang berusaha mendekatkan diri kepada Allah. Amin.

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com