Selasa, 27 Oktober 2015

Cara Memberikan Nasihat secara Islami

Manusia adalah tempatnya lupa dan juga salah. Maka dari itu sebagai umat Islam kita di ajarkan untuk saling menasehati satu sama lain. Akan tetapi dalam memberikan nasehat tidak boleh sembarangan. Islam sendiri sudah mengajarkan cara memberikan nasehat yang baik. Nasehat yang di berikan secara sembarangan dapat membuat orang tersinggung dan justru akan marah pada kita.
Berikut adap memberikan nasehat sesuai dengan ajaran Islam.
Niat
Dalam islam sudah du ajarkan untuk melakukan niat dalam menjalankan segala hal. Termasuk untuk memberikan nasehat pun juga harus memiliki niat yang iklhlas. Dengan niat yang ikhlas tersebut niscaya Allah SWT akan memberikan pahala yang sangat banyak.
Rahasia
Dalam memberikan nasehat harus sangat rahasia. Hal ini guna menjaga kekurangan yang dimiliki seseorang yang diberi nasehat. Bila tidak di lakukan dengan rahasia kekurangan orang tersebut akan tersebar luaskan. Apalagi saat ini banyak orang yang tidak memperhatikannya, mereka justru memberikan nasehat di tempat yang ramai. Orang yang di beri nasehat pasti akan merasa sangat malu dan kecewa. Maka dari itu nasehat harus di rahasiakan dari orang lain.
Penyampaian nasehat
Dalam menyampaikan nasehat harus di ucapkan secara halus, dan juga lemah lembut. Dengan penyampaian nasehat yang baik orang yang di beri nasehat pun pasti akan memperhatikannya, bahkan akan akan menjalankan nasehat tersebut. Jangan sampai memberikan nasehat dengan memberikan tekanan dan paksaan. Hal tersebut pasti akan mengundang emosi dari orang yang di beri nasehat.
Waktu
Dalam memberikan nasehat haruslah melihat waktunya juga. Jangan sampai memberikan nasehat pada waktu yang tidak tepat. Hal tersebut dapat merusak suasana dan juga memperburuk keadaan saja. Waktu yang tepat untuk memberikan nasehat adalah saat keadaan sudah tidak tegang lagi. Dengan begitu orang yang akan di beri nasehat pasti juga dapat berpikir lebih dalam lagi mengenai masalah yang di hadapi.
Itulah adap untuk memberikan nasehat menurut ajaran Islam.


0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com