Jumat, 23 Oktober 2015

Cara Menentukan Nama Anak Islami


Nama adalah sebuah harapan atau doa dari orang tua kita. Sejak kita masih dalam kandungan kedua orang tua kita pasti sudah memilihkan nama yang baik untuk kita. Harapan dan doa orang tua terselipkan pada nama kita, maka dari itu kita harus menghargai pemberian nama ini. Mengingat akan pentingnya pemberian nama tersebut orang tua juga tidak di boleh sembarangan dalam memberikan nama pada anak. Di dalam islam sendiri cara memberikan nama pada anak juga sudah di ajarkan.
Allah SWT berfirman yang artinya, “Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh Jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh Jadi yang direndahkan itu lebih baik. dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan Barangsiapa yang tidak bertobat, Maka mereka Itulah orang-orang yang zalim.”
Berdasarkan firman tersebut bisa di simpulkan bagaimana menentukan nama anak yang Islami. Berikut cara yang di ajarkan dalam Islam.
1.       Dalam  memilihkan nama untuk buah hati sebaiknya tidak lebih dari dua kata. Karena nama panggilan dari anak biasanya hanya satu kata saja.
2.       Nama anak bisa disandingkan dengan nama dari orang tua.
3.       Menambahkan nama Muhammad atau Abdullohjuga sangat di sarankan dalam Islam
4.       Mengingat nama adalah sebuah doa untuk anak, jadi pemilihan nama harus memiliki makna yang baik. Jangan sampai nama anak justru mengandung makna yang tidak baik.
5.       Pemilihan nama yang indah untuk anak juga sangat di anjurkan dalam islam. Nama yang indah di dengar dapat memuat anak menjadi lebih bangga terhadap nama yang dimilikinya.

Itulah cara memilihkan nama untuk anak yang di ajarkan Islam. Dalam Islam sendiri yang memiliki hak untuk memberikan nama pada anak adalah sang ayah. Maka dari itu ayah memiliki kewenangan yang sangat besar dalam penentuan nama tersebut.

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com