Jumat, 16 Oktober 2015

Cara Mengajarkan Sholat Pada Anak Sesuai Tingkatan Usia

Semua orang tua pasti menginginkan mempunyai anak yang sholih sholihah dan berbakti kepada orang tua karena anak yang sholih sholihah mampu membawa kedua orang tuanya untuk masuk ke dalam surga yang penuh kenikmatan. Akan tetapi seorang anak tidak akan mencapai derajat sholih jika ia tidak bisa sholat. “Sholat adalah tiang agama” inilah kata kata yang sering muncul. oleh sebab itu orang tua yang baik hendaknya mengajarkan sholat kepada anaknya sejak usia dini karena jika tidak dilatih anak tidak akan mengetahui apa arti dari sholat.
Melatih seorang anak untuk sholat lebih mudah jika di sesuaikan dengan umurnya karena selain mudah seorang anak akan menangkap ilmu sholat secara bertahap. Di bawah ini adalah cara mengajarkan sholat pada anak yang sesuai dengan umurnya, diantaranya:
Ketika anak masih bayi atau berumur 0-2 sebaiknya wujudkan kehidupan yang berkesan islami. meskipun belum mengerti tetapi suasana yang islami akan membuat bayi terbiasa dan ketika umurnya semakin besar dia sudah mengenalnya.
Untuk anak yang berumur 2–3 tahun sebaiknya ajaklah anak untuk ke masjid agar anak secara perlahan mengerti. jika sudah sering melihat orang sholat seorang anak akan  menirukan sedikit demi sedikit.
Jika umurnya 4–6 tahun seorang anak sudah saatnya untuk diberikan pelajaran lebih dalam, seperti menceritakan kisah tauladan rasul dan menerangkan betapa pentingnya sholat untuk dirinya. Berilah motivasi kepada anak tentang sholat melalui cerita dan hal yang mungkin disukai oleh anak.
Ketika seorang anak sudah berumur 7 tahun ke atas inilah saatnya anda menegaskan kepada anak bahwa sholat itu amatlah penting dan harus dikerjakan. Karena anak yang berumur 7 tahun ke atas adalah anak yang sudah baligh atau mengerti. Oleh karena itu wajibkanlah anak anda melakukan sholat. Jika seorang anak yang berumur baligh tidak mau sholat maka orang tua diperbolehkan untuk memukul dengan maksud agar anak jera dan tidak mengulangi kenakalannya.

Itulah beberapa tips yang mudah untuk mengajarkan sholat kepada anak anda, sebagai orang tua yang ingin memiliki anak berbakti anda harus tegas terhadap anak karena buah jatuh tidak jauh dari pohonnya.

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com