-->

Kesalahan Dalam Mendidik Anak Menurut Islam

Kesalahan Dalam Mendidik Anak Menurut Islam
Kesalahan Dalam Mendidik Anak Menurut Islam
Anak adalah anugrah yang dititipkan oleh Allah SWT kepada orang tua. Oleh sebab itu sudah menjadi hal yang lumrah jika orang tua selalu merawat dan menjaga anaknya dengan baik. Ketika anak sudah mulai besar maka  tugas utama orang tua adalah memberikan pendidikan yang layak terhadap anak karena hal ini akan menentukan masa depan seorang anak. Akan tetapi, tidak semua orang tua mau memperhatikan anaknya dengan baik sekarang ini masih ada saja orang tua yang mengabaikan pendidikan anak dan tidak memberikannya perhatian yang cukup. Hal ini tentu sangat memicu bagaimana perkembangan anak.

Untuk menghindari terjadinya hal tersebut, anda bisa menyimak ulasan tentang beberapa kesalahan yang dilakukan orang tua dalam mendidik anak secara islam. Dengan tujuan agar para orang tua menghindari beberapa perbuatan yang kami tulis diantaranya adalah:
Mendidik anak dengan sikap yang kasar, mendidik dengan cara yang kasar adalah salah satu kesalahan fatal karena hal ini akan menjadikan seorang anak merasa tertekan dan takut. Bersikaplah secara normal dan tidak berlebihan.
Membiasakan hidup mewah, jika anak terbiasa hidup mewah maka ketika ia mulai besar akan sulit beradaptasi dengan kehidupan sederhana dan menjadikan anak manja, suka hura hura, dan egois.
Menamai anak dengan nama yang jelek, sebuah nama adalah do’a jika orangtua memberikan nama kepada anaknya dengan nama yang buruk maka hal itu akan menjadikan anaknya bersifat buruk pula.
Terlalu bebas mendidik anak perempuan, anak perempuan bagaikan sebuah perhiasan yang harus dijaga dan dirawat oleh sebab itu jangan biarkan anak anda keluar malam apalagi dengan laki laki yang bukan muhrimnya karena setan akan menggoda para remaja yang mendekati zina.
Kurang memahami kepribadian anak, kepribadian seorang anak seharusnya harus sangat dimengerti oleh orang tua karena ini memicu akan perkembangannya kelak dan orang tua tidak akan salah mengambil sikap dalam mendidik sang anak.

Kehidupan seorang anak tergantung pada didikan orang tua oleh sebab itu didiklah anak dengan sebaik mungkin agar anak dapat membahagiakan orang tuanya. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk anda.
Advertisement