-->

Konsep Pernikahan Dalam Islam yang Mulai Dilupakan Orang Islam Sendiri

Konsep Pernikahan Dalam Islam yang Mulai Dilupakan Orang Islam Sendiri
Konsep Pernikahan Dalam Islam yang Mulai Dilupakan Orang Islam Sendiri

Sebelum menggelar acara pernikahan harus membuat konsep terlebih dahulu supaya momen spesial tersebut bisa berjalan dengan lancar dan membuat kedua mempelai merasa bahagia. Menikah menjadi sesuatu yang sakral di mana kedua hati saling mencintai bersatu menjadi ikatan sah sebagai suami istri. Dengan menikah mereka bisa mendapatkan keturunan yang kelak akan merawat dirinya jika sudah tua. Sehingga harapan utama ketika seseorang menikah adalah memiliki keturunan yang bisa membuatnya hidup lebih bahagia.

Konsep pernikahan harus diketahui setiap orang yang akan melaksanakan acara pernikahan. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya beberapa hal yang tidak diinginkan. Pernikahan ini membutuhkan beberapa konsep utama supaya bisa berjalan sesuai rencana. Di dalam agama islam terdapat konsep yang tidak boleh terlupakan dalam merayakan acara pernikahan. Menghalalkan suatu hubungan di dalam islam harus memenuhi beberapa syarat supaya bisa menjadi keluarga sakinah mawadah dan warahmah. Konsep atau tata cara pernikahan di dalam islam yang tidak boleh terlupakan pertama adalah peminangan. Seorang muslim yang akan menikahi seorang muslimah harus meminang terlebih dahulu. Kemudian konsep untuk menjadi pasangan sah yaitu melakukan prosesi akad nikah.

Sebelum melakukan akad nikah harus dipastikan bahwa kedua mempelai suka sama suka. Kemudian, ada wali, adanya penghulu untuk ijab qobul dan terdapat saksi dari anggota keluarga perempuan dan laki–laki. Konsep ini sangatlah penting karena, ketika kedua mempelai tidak saling mencintai maka keharmonisan keluarga tidak akan tercapai secara baik. Dengan demikian hal ini harus ditentukan terlebih dahulu.


Konsep ketiga adalah walimah, walimatul ‘urusy hukumnya wajib dan harus diusahakan meskipun hanya sederhana saja. Dengan melaksanakan acara walimatul ‘urusy pengantin akan mendapatkan doa dari banyak muslim serta penceramah di dalam acara walimatul tersebut. Doa tamu undangan yang penuh keikhlasan senantiasa akan dikabulkan oleh Allah sehingga terwujudlah keluarga sakinah mawadah warahmah. Konsep pernikahan yang ketiga ini memang wajib dilakukan terutama bagi kalangan dengan jumlah kekayaan cukup. Beberapa konsep pernikahan di dalam islam yang disebutkan di atas menjadi tata cara dasar dalam melaksanakan prosesi pernikahan.
Advertisement