-->

Lindungi Diri Dengan Berhijab Syar’i

Lindungi Diri Dengan Berhijab Syar’i
Lindungi Diri Dengan Berhijab Syar’i
Kita patut bersyukur bahwasanya di zaman sekarang ini, penggunaan busana muslimah sudah menjadi fenomena yang menyebar dimana - mana. Bukan hanya sedang menjadi trend, tetapi busana muslimah sudah memiliki banyak fariasi sehingga tidak terkesan kolot, tidak moderen dan lain sebagainya. Akan tetapi seiring dengan fenomena tersebut, sekarang ini muncullah berbagai jenis "Jilbab Gaul", dimana seorang perempuan muslim menggunakan hijab dengan tujuan untuk bergaya dan mengikuti trend sehingga mereka terlupa akan hakekat dari menggunakan hijab yang sesungguhnya yakni "Hijab Syar'i" yaitu hijab yang menutup hingga ke dada. Mereka berhijab akan tetapi masih memperlihatkan aurat dan bentuk tubuh karena busana yang digunakan sangat ketat dan hijab yang digunakan oleh mereka pun tidak menutup aurat secara sempurna (tidak menutupi dada). Hal ini bukan melindungi mereka akan tetapi justeru membahayakan mereka.

Agama islam sangat menganjurkan kaum wanita untuk menutup auratnya. wanita mempunyai perintah yang tidak sama dengan laki laki. Wanita diperintah khusus untuk menjaga diri dan menutup auratnya. Menjaga diri adalah melindungi dirinya agar terhindar dari laki laki yang bukan mahromnya. menutup aurat ialah memakai baju yang panjang, berhijab, dan tidak menampakkan lekuk tubuhnya. Jika seorang wanita mampu menutupi auratnya dan menjaga diri maka wanita tersebut adalah wanita yang mulia dihadapan manusia dan di hadapan Allah SWT.

Wanita hendaknya tidak suka keluar rumah jika tidak berkepentingan, seorang wanita sudah ditakdirkan menjadi pendidik generasi mendatang dan lentera dari sebuah rumah tangga. Wanita yang baik adalah wanita yang memiliki sifat pemalu tinggi, bertaqwa kepada Allah, mulia, anggun, dan sangat menjaga kesuciannya. Muslimah sejati adalah muslimah yang suka berpakaian tertutup, hijab yang panjang menutup hingga ke dada, dan tidak suka menampakkan diri kepada laki laki yang bukan muhrim.

Dalam Islam, Allah Subhanahu Wata’ala telah mengatur busana kaum hawa melalui firman-Nya di dalam Al Qur’an

“katakanlah kepada wanita yang mereka beriman hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan tidaklah menampakkan perhiasannya, kecuali yang sudah nampak darinya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, ayah mereka, ayah suami mereka, putra putra mereka, putra suami mereka, saudara lelaki mereka, putra saudara lelaki mereka, wanita islam, budak yang mereka miliki, pelayan lelaki yang tidak mempunyai keinginan, atau anak yang belum mengerti tentang apa itu aurat, dan janganlah mereka memukulkan kakinya dengan maksud agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan, dan bertaubatlah kamu sekalian kepada allah, hai orang orang yang beriman agar kalian termasuk orang yang beruntung”.

Dari arti ayat di atas bisa disimpulkan bahwa wanita harus benar benar dijaga dan tujuan utama seorang wanita memakai hijab adalah untuk menutupi perhiasannya oleh karena itu dilarang memperindah cara berkerudung dengan niat agar para lelaki yang melihatnya tergoda. jadi sebagai kaum hawa kita harus sangat menjaga kehormatan. Agar kelak mendapatkan suami yang sholeh dan mampu membimbing kita untuk masuk ke dalam surga yang penuh kenikmatan dan kekal selama lamanya.

Sungguh mulia wanita-wanita yang sampai saat ini masih dengan bangga menutup aurat dengan cara berjilbab dan tetap istiqomah memakainya dalam keadaan apapun. Dan para wanita yang masih menggunakan "hijab gaul" atau yang masih belum menutup hingga ke dada, kami doakan semoga pelan-pelan bisa mengulurkan hijab yang panjang hingga ke dada agar dirimu tampak lebih anggun nan bersahaja



Advertisement