-->

Mengetahui Akhlak Dalam Islam dan Macamnya

Mengetahui Akhlak Dalam Islam dan Macamnya
Mengetahui Akhlak Dalam Islam dan Macamnya
Sebagai seorang muslim harus memiliki akhlak yang baik untuk menjalankan perintah dan menjauhi larangan Allah swt. Dengan memiliki akhlak maka anda memiliki prinsip hidup yang lebih baik dibandingkan dengan mahkluk lainnya. dengan ini kita perlu mengenal macam akhlak dalam islam, sebelum mengenal macam akhlak kita harus tahu bahwa macam akhlak ada dua yakni akhlak mahmudah dan akhlak madzmumah. Untuk akhlak mahmudah ialah akhlak yang terpuji atau perilaku yang baik dan wajib untuk dilakukan. Pertama anda harus mengetahui akhlak yang terpuji atau akhlak mahmudah macamnya ialah  :

1.       Taat kepada Allah dan Rosulnya. Makna dari taat kepada Allah dan Rosulnya ini ialah mampu menjalankan perintah dan menjauhi larangan dari Allah swt dan meyakini bahwa Rosul adalah utusan Allah swt.

2.       Macam akhlak yang kedua adalah memiliki rasa malu yang tinggi. Seseorang di dunia harus memiliki rasa malu, hal tersebut karena rasa malu membuat diri kita tidak memiliki sifat sombong terhadap orang lain dan tetap bersifat rendah diri.


3.       Selalu berbuat baik. Orang yang memiliki akhlak terpuji sudah pasti perilakunya juga harus baik terhadap orang lain.

4.       Perbanyak beramal. Amal merupakan salah satu sifat terpuji dan bagi yang mampu wajib untuk beramal, selain kita menjalankan perintah Allah swt, kita juga akan mendapat banyak pahala dari perbuatan kita.


5.       Berhati-hati dalam berkata dan bertindak. Kita harus selalu mejaga perkataan dan tindakan kita agar tidak menyakiti orang lain atau ciptaan Allah swt lainnya.

6.       Menunaikan janji. Akhlak terpuji akan dimiliki seseorang yang selalu mengutamakan janji dan menepatinya jika sudah melakukan janji kepada orang lain.


7.       Berbakti kepada orang tua. Untuk hal ini semuanya harus melakukannya, pasalnya kita hidup didunia karena kedua orang tua dan kehendak Allah swt. Mereka sudah melahirkan dan membesarkan kita, seperti surga dibawah telapak kaki ibu.

8.       Mencintai dan membenci karena Allah. Terkadang banyak orang yang mencintai sesuatu hal bukan karena Allah, jika sesuatu yang ia cintai hilang, maka orang tersebut juga melupakan Allah swt.

Akhlak terpuji atau akhlak mahmudah wajib untuk di patuhi dan dilakukan. Sedangkan kita juga harus mengetahui beberapa macam akhlak madzmumah atau akhlak buruk. Macam akhlak buruk ialah   :

1.       Suka bersumpah serapah, dimana seseorang dengan mudah melakukan sumpah dan memainkan kata-kata sumpah yang akhirnya masih dilanggar. Hal tersebut sangat tidak disukai oleh Allah swt.

2.       Suka mencela dan mencaci orang lain atau mahkluk lain. Mencela dan mencaci merupakan perbuatan yang tercela dan tidak disukai Allah swt, melainkan disukai oleh setan.

3.       Pendemdam dan Pemarah. Seseorang terkadang tidak bisa mengontrol emosi dirinya sendiri sehingga mudah marah dan melakukan tindakan yang tidak terpuji, sama halnya dengan pendendam yang tidak disukai oleh Allah swt.

www.fastabiq.com

META
Judul                     : Mengenal Akhlak Dalam Islam dan Macamnya
Deskripsi            : Akhlak merupakan suatu perilaku atau perbuatan yang kita lakukan. Akhlak di bagi menjadi dua yakni akhlak mahmudah atau akhlak terpuji dan akhlak mazdmumah atau akhlak yang buruk. Dengan mengenal akhlak dan macamnya kita akan menjadi lebih baik dan dicintai oleh Allah swt.

Keyword             : Macam Akhlak
Advertisement