Kamis, 22 Oktober 2015

Macam-macam Sholat Sunah


Sholat adalah tiang agama barang siapa mengaku dirinya muslim akan tetapi tidak melaksanakan sholat maka sama saja ia merobohkan agamanya sendiri. Sholat sudah diperintahkan oleh Allah sendiri kepada Nabi Muhammad SAW. Dan Nabi Muhammad mengajarkan kepada kaumnya. Agar kita termasuk kaum nabi yang beriman dan bertaqwa maka dengan melakukan sholat inilah salah satunya.
Selain sholat yang wajib Allah juga memerintahkan untuk melaksanakan sholat yang sunnah. Meskipun sunah, pahalanya juga sangat besar jika dilaksanakan dengan istiqomah. Macam macam sholat sunah pun memiliki keutamaan dan manfaat sendiri sendiri. Bermanfaat di dunia juga di akhiratnya. Dan di bawah ini kami akan memberikan macam macam sholat sunah yang wajib diketahui oleh kita umat islam. Diantaranya:
1.      Sholat tahajud
sholat tahajud dikerjakan ketika malam hari yaitu di sepertiga malam, sepertiga kedua, dan sepertiga ketiga. Sholat tahajud dikerjakan antara 2, 4, 8 dan seterusnya.
2.      Sholat dhuha
sholat dhuha dikerjakan ketika matahari mulai naik dan rakaatnya dilakukan 2, 4, 8 atau 12 rakaat.
3.      Sholat taubat
sholat ini adalah sholat yang dikerjakan ketika seseorang ingin bertaubat kepada allah. Sholat taubat dikerjakan dua rakaat dan waktunya tidak ditentukan.
4.      Sholat hajad
jika seseorang hendak melaksanakan sebuah hajad maka sholat hajad adalah salah satu sholat yang sering dilakukan. Sholat hajad dilakukan 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat dengan salam.
5.      Sholat ba’da wudhu.
sholat ba’da wudhu adalah sholat yang dikerjakan setelah berwudhu. Pelaksanaannya 2 rakaat sebagaimana sholat yang lain dengan hati iklas dan diakhiri dengan salam.
Selain sholat sunnah diatas masih banyak lagi macam macam sholat yang belum kami jelaskan diantaranya sholat tahiyatul masjid, sholat awwabin, sholat mutlak, sholat safar, sholat gerhana bulan, sholat gerhana matahari, sholat witir, sholat rawatib, sholat hari raya idul fitri, sholat hari raya idul adha, sholat tarawih, sholat tasbih, sholat istikharah, sholat ghaib, sholat jenazah, dan sholat istisqa yang akan kita bahas di artikel selanjutnya.
Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan para pembaca dan mampu memberikan manfaat didunia maupun diakhirat. Amin.





0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com