-->

Manfaat Shalat Dhuha Dilihat Dari Sisi Medis

Manfaat Shalat Dhuha Dilihat Dari Sisi Medis
Manfaat Shalat Dhuha Dilihat Dari Sisi Medis
Shalat memang sebuah kewajiban bagi umat Islam. Dengan menjalankan shalat seseorang akan mendapatkan sebuah pahala yang sangat berlimpah. Shalat sendiri dalam islam ada dua macam yaitu shalat wajib dan shalat sunah. Untuk shalat wajib sendiri bila di tinggalkan akan mendapatkan dosa. Berbeda dengan shalat sunah yang bila di tinggalkan seseorang tidak akan mendapatkan dosa, akan tetapi bila di jalankan pahala yang di dapatkan pun juga tidak main-main, selain itu shalat dhuha juga memiliki manfaat yang sangat banyak. Salah satu shalat sunah yang banyak di kerjakan oleh umat Islam adalah shalat dhuha.

Memang dengan menjalankan shalat dhuha banyak manfaat yang akan di dapatkan. Salah satu manfaat yang di dapatkan dari shalat dhuha adalah untuk kesehatan tubuh. Memang sebenarnya menjalankan shalat dapat memberikan kesehatan pada tubuh. Pasalnya setiap gerakan shalat ternyata adalah sebuah kombinasi yang sangat unik dan bermanfaat. Gerakan dalam shalat mampu menarik semua otot tubuh dan juga persendian. Maka dari itu orang yang rajin mengerjakan shalat rata-rata tubuhnya akan sehat.

Akan tetapi shalat dhuha ini berbeda dengan shalat lainnya. Memang gerakan shalatnya sama akan tetapi waktu mengerjakannya lah yang istimewa. Shalat dhuha di laksanakan pada saat tubuh sedang membutuhkan energi untuk melakukan kegiatan. Dengan menjalankan shalat dhuha tubuh akan menjadi segar sebelum melakukan kegiatan.

Manfaat tersebut juga di tunjukan dari sebuah penelitian yang di lakukan oleh Dr. Ebrahim Kazim, dan juga direktur dari Trnidad Islamic Academy, serta beberapa peneliti lain. Hasil penelitian tersebut adalah “Repeated and regular movements of the body during prayers improve muscle tone and power, tendon strength, joint flexibility and the cardio-vascular reserve”.  Bila di artikan dalam bahasa Indonesia adalah “Gerakan teratur dari shalat menguatkan otot beserta tendonnya, sendi serta berefek luar biasa terhadap system kardiovaskular”.


Dengan hasil penelitian tersebut sudah jelas bahwa dari segi medis pun menjalankan shalat dhuha juga memiliki banyak manfaat. Maka dari itu kerjakanlah shalat dhuha secara rutin dan juga istiqomah.
Advertisement