Selasa, 27 Oktober 2015

Membina Rumah Tangga secara Islami

Bagi umat muslim yang sudah berkeluarga pasti sangat menginginkan rumahtangganya dapat harmonis dan sesuai dengan ajaran Islam. Memang tujuan dari berkeluarga sendiri adalah agar mendapatkan kebahagiaan dan juga kedamaian. Di Islam sendiri sudah di ajarkan bagaimana cara berkeluarga yang baik dan benar agar mendapatkan kedamaian dan kebahagiaan bersama.
Berikut beberapa ajaran Islam dalam membina rumah tangga:
1.      Saling Membantu
Saling membantu memang sangat penting dalam keluarga. Tugas seorang suami adalah menjaga istri dari bahaya apapun dan tugas seorang istri adalah untuk membantu suami dalam menjaga  diri dan harta benda. Saling membantu akan meringankan beban antara suami istri.
2.      Sikap Baik
Sikap baik juga harus ada baik bagi seorang istri ataupun suami. Sikap baik ini akan menjadi sebuah modal untuk kedamaian keluarga. Bukan hanya sikap saja yang harus baik, tutur kata pun juga harus baik agar keluarga menjadi lebih tentram.
3.      Saling menghormati
Dalam Islam saling menghormati merupakan sebuah sikap yang sangat di anjurkan. Dalam keluarga pun sikap ini juga tetap harus ada, dengan sikap saling menghormati baik istri ataupun suami pasti akan merasa nyaman dan senang.
4.      Kepercayaan
Kunci utama dalam mempertahankan keluarga adalah rasa saling percaya. Perselisihan akan dapat di hindari bila rasa saling percaya ini sudah ada dalam diri masing-masing. Keharmonisan keluarga tidak akan pernah tercapai bila rasa kepercayaan sudah hilang dari pasangan suami istri.
5.      Saling Memaafkan
Dalam berkeluarga sikap salah pasti akan menghinggapi baik pada seorang suami ataupun istri. Bila hal itu di teruskan suatu konflik pasti akan terjadi. Konflik tersebut biasanya akan memicu perasaan tidak nyaman dan tidak tahan. Maka dari itu saling memaafkan satu sama lain harus di miliki oleh pasangan suami istri. Dengan saling memaafkan konflik dapat sedikit diminimalkan.

Itulah beberapa cara berkeluarga yang di anjurkan oleh islam. Dengan menjalankan cara di atas peluang untuk menjadi keluarga yang damai dan harmonis menjadi lebih terbuka. 

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com