-->

Menjaga Akhlak Dalam Kehidupan

Menjaga Akhlak Dalam Kehidupan
Menjaga Akhlak Dalam Kehidupan
Menjaga Akhlak Dalam Kehidupan
Menjaga akhlak merupakan sala satu kewajiban yang harus dilakukan umat muslim. Penilaian seorang manusia sebenarnya dilihat dari akhlak yang seseorang miliki, semakin baik akhlak yang mereka miliki semakin baik pula nilai kemanusiaan pada dirinya sendiri. Manusia seharusnya bersyukur karena sudah diberikan akhlak yang lebih baik dibandingkan dengan ciptaan Allah swt lainnya seperti hewan, tumbuhan, dan ciptaan Allah swt lainnya. dengan akhlak manusia sangat berbeda denga hewan, di lihat dari perilaku, tindak tanduk, kesopanan pada dirinya terhadap orang lain. Namun jika manusia yang sudah diberikan akhlak dan tidak memanfaatkan akhlak dengan baik maka manusia tersebut lebih rendah dibandingkan dengan hewan.

Menjaga akhlak dalam kehidupan sangat penting karena dengan selalu menjaga akhlak yang baik, maka anda akan diterima dengan baik oleh orang lain. Menjaga akhlak dalam kehidupan dan lingkungan merupakan berperilaku baik terhadap sesuatu yang ada disekitar manusia seperti hewan, tumbuhan, dan benda-benda mati lainnya. sebenarnya akhlak yang baik terhadap tumbuhan ialah tidak boleh memetik buah sebelum matang atau membunuh hewan seperti ikan yang masih kecil untuk dimakan, hal tersebut merupakan akhlak yang kurang baik karena tidak memberikan kesempatan terhadap makhluk lain untuk mencapai tujuan hidup dari sang pencipta.

Melihat kejadian tersebut memang sangat penting menjaga akhlak dalam kehidupan yang nantinya juga akan dimintai pertanggung jawaban oleh Allah swt pada hari kiamat. Menjaga akhlak dengan baik ialah dimana manusia di harapkan bisa menjaga, menghormati, dan memelihara terhadap mahkluk lainnya terutama sesama manusia dan sesama muslim. Setiap manusia harus saling menghormati walaupun berbeda keyakinan atau agama. Ada pula akhlak pada diri sendiri yang ditunjukkan dengan sikap sabar terhadap diri sendiri. Mampu mengendalikan hawa nafsu dan sabar atas ujian yang menimpanya. Dalam menjalankan perintah dan larangan Allah swt harus sabar dan ikhlas. Dengan ini kita tidak boleh selalu mengeluh kepada Allah swt terhadap cobaan yang menimpa pada diri sendiri, harus bersikap tenang dan menerima cobaan yang diberikan, karena Allah tidak akan menguji hambanya jika melampaui batas manusia tersebut.

Akhlak kepada ibu dan bapak merupakan akhlak dalam kehidupan. Keseharian kita tentu saja ada interaksi kepada kedua orang tua kita, saat berbicara, duduk bersama, berjalan harus menggunakan anggah ungguh yang sopan. Dengan berperilaku sopan maka anda sudah mengamalkan akhlak yang baik pada lingkungan terutama kepada ibu dan bapak. Berbuat baik kepada kedua orang tua terutama kepada ibu yang sudah mengandung dan melahirkan kita di dunia. Seperti yang sudah dijelaskan dalam hadist yang menyatakan bahwa berperilaku baik terhadap kedua orang tua maka anda sudah melaksanakan ketaatan terhadap perintah Allah swt, tidak hanya itu saja anda juga akan dihapus dosa-dosa besar.

www.fastabiq.com

META
Judul                     : Menjaga Akhlak Dalam Kehidupan
Deskripsi            : Menjaga akhlak dalam kehidupan sangat lenting, pasalnya orang lain akan meilai diri kita sendir dengan melihat akhlak kita dalam berperilaku dan berkata dengan baik. Selain itu juga akhlak terhadap kedua orang tua juga merupakan salah satu menjaga akhlak dalam kehidupan.

Keyword             : Menjaga akhlak
Advertisement