Jumat, 23 Oktober 2015

Shalat Sunnah yang Baik Diamalkan

Keistiqomahan adalah suatu perbuatan yang sangat baik untuk diamalkan dalam kehidupan sehari hari. Barang siapa yang beristiqomah mengerjakan kebaikan maka Allah akan meninggikan derajatnya dan memudahkan segala urusannya. Salah satu perbuatan yang perlu diistiqomahkan dalam ajaran Islam adalah sholat. Allah SWT telah memerintahkan orang orang beriman melaksanakan sholat. Sholat sendiri terbagi menjadi bermacam macam ada yang wajib juga ada yang sunah. Sholat wajib adalah sholat yang harus dikerjakan disetiap harinya diantaranya sholat magrib, isya’, subuh, dhuhur, dan asar. Kelima sholat ini tidak boleh ditinggalkan kecuali dalam keadaan tertentu.
Jika seseorang terbiasa mengamalkan sholat yang wajib, maka dianjurkan juga untuk melaksanakan sholat yang sunnah. Meskipun sunnah tetapi jika dijalankan memiliki banyak sekali pahala yang berlipat ganda. Dalam kesempatan kali ini kami akan menjelaskan apa saja sholat sunnah yang baik untuk diamalkan dan beberapa keutamaannya.
1.       Sholat sunnah rawatib
Sholat sunnah rowatib adalah sholat yang dilakukan sebelum dan sesudah sholat wajib. Diterangkan dalam sebuah hadist bahwa Ummu Habibah mendengar Rosululloh SAW bersabda: “Barang siapa yang mengerjakan sholat 12 rakaat atau sholat sunnah rawatib sehari semalam, maka akan dibangunkan baginya rumah disyurga”.
2.       Sholat tahajud
Barang siapa istiqomah melakukan sholat tahajud di malam hari maka Allah akan memberikan ketenangan di dalam jiwanya dan dimudahkan segala urusannya. Ibnu Abbas r.a menjelaskan dalam sebuah riwayat “ Barang siapa yang melakukan sholat malam sebanyak dua rakaat maka ia dianggap telah bermalam karena Allah dengan sujud dan berdiri.
3.       Sholat dhuha
Sholat Duha adalah sholat yang dilakukan ketika pagi hari setelah matahari terbit. Barang siapa yang istiqomah melaksanaknnya maka ia akan dimuliakan kedudukannya, dilancarkan rezekinya, dimudahkan segala urusannya, dan masuk syurga yang selama lamanya.
4.        Sholat witir
sholat witir dikerjakan setelah melaksanakan sholat tahajud sebagaimana hadist nabi yang berbunyi: “ Jadikanlah akhir sholat malam kalian adalah sholat witir.
Sebagai seorang muslim melaksanakan sesuatu yang diperintahkan oleh Allah adalah hal yang sangat wajib untuk dilakukan. Karena dengan mau menjalankan segala perintah-Nya itu sama saja menandakan bahwa orang tersebut beriman. Semoga artikel ini dapat menambah keimanan bagi para pembaca. Amin.


0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com