Kamis, 22 Oktober 2015

Tata Cara Aqiqah

Aqiqah merupakan penyembelihan domba atau kambing yang ditujukan kepada bayi yang baru lahir biasanya aqiqah dilakukan ketika bayi masih berumur 7, 14, atau 21 hari. Aqiqah untuk laki laki dan perempuan tidak sama jika bayinya laki laki maka kambingnya 2 ekor dan jika bayi perempuan kambingnya 1 ekor. Menurut bahasa arti dari aqiqah adalah memotong ada juga yang berpendapat bahwa aqiqah artinya nama bagi hewan yang disembelih alasannya karena lehernya dipotong. Pendapat lain mengatakan aqiqah adalah rambut bayi yang keluar dari rahim seorang ibu dan harus dicukur. Meskipun banyak sekali artian yang berbeda beda akan tetapi maksudnya hanya satu yaitu untuk mensyukuri kelahiran seorang bayi.
Kelahiran seorang bayi adalah anugrah yang sangat dinantikan oleh para orang tua dan dalam islam telah disunahkan untuk melakukan aqiqah dan menyedekahkan dagingnya kepada kerabat guna mempererat silaturahmi. Agar aqiqah yang dilakukan benar dan sesuai dengan ajaran Rosululloh di bawah ini kami memberikan tata cara aqiqah dalam islam yaitu:
-          Namai anak anda dengan nama yang baik dan islami karena sebuah nama adalah do’a. Baik buruknya nama akan mempengaruhi kehidupan anak oleh sebab itu carilah nama yang baik untuk anak anda. Contohnya jika anak laki laki awal namanya diberi Muhammad atau Ahmad dengan maksud agar anak tumbuh menjadi anak yang baik dan meneladani akhlak nabi.
-      Cukurlah rambut bayi ketika hendak di aqiqah dan sebaiknya cukur rambut dihadapan para kerabat dan sanak saudara agar mereka menjadi saksi. Mencukur rambut bayi boleh dilakukan oleh orang tua kandungnya atau jika tidak mampu boleh diwakilkan kepada ahlinya. Cara mencukurnya adalah diawali dengan bacaan bismillah, arah mencukur rambut mulai dari sebelah kanan lalu ke kiri, dan cukurlah rambut secara keseluruhan atau gundul agar tiada kotoran tersisa.

Dengan melakukan aqiqah anak akan lebih dekat dengan Allah dan menghindarkan  anak dari segala jenis balak, mampu menunjukkan rasa syukur, mempererat tali persaudaraan dan menjalankan sunnah yang diajarkan oleh nabi. Semoga artikel di atas dapat memberikan manfaat kepada anda para pembaca. Terimakasih.

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com