Jumat, 09 Oktober 2015

Tips Mengajarkan Anak Hafal Al-quran Sejak Kecil

Al-Quran adalah pedoman hidup untuk manusia disepanjang zaman. Al-Quran juga salah satu kitab yang tidak ada keraguan didalamnya karena al-quran turun atas izin Allah SWT. melalui perantara Malaikat Jibril diberikan kepada Nabi Muhammad secara berangsur angsur selama kurang lebih 23 tahun. Sejak itulah semua manusia diperintahkan untuk menganut ajaran Al-Quran dan mau mengamalkannya dalam kehidupan sehari hari. setiap ayat didalam Al-Quran  mengandung arti dan perintah tersendiri oleh karena itu menghafalkan ayat alquran juga salah satu perbuatan yang disarankan oleh Nabi Muhammad SAW.
Sekarang ini banyak kalangan anak muda yang berhasil menjadi hafidz sejati, tidak hanya anak muda sekarang sudah sering dijumpai anak kecil yang hafal Al-Quran. Sebagai orang tua mungkin anda sangat mendambakan mempunyai anak yang seperti itu bukan? Sebenarnya anak mampu melakukan hal tersebut karena faktor orang tua, jika orang tuanya selalu mengajarkan  hal positif kepada anaknya maka anak tersebut juga akan menirunya. Di kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa tips bagaimana cara mengajarkan anak agar mampu menghafalkan Al-Quran sejak ia kecil, kuncinya adalah menerapkan Al-Quran dalam kegiatan sehari hari salah satunya adalah:
 Perdengarkan ayat Al-Quran ketika bayi dalam kandungan
seorang ibu yang baru saja mengandung hendaknya melakukan hal ini jika menginginkan anaknya menjadi hafidz. Karena jika seorang ibu sering perdengarkan anaknya dengan Al-Quran maka meski bayi yang di dalam rahim nampaknya tidak memperhatikan, sebenarnya otak bawah sadarnya mulai merekam satu persatu bacaan yang anda dengarkan. Jika hal ini sering anda lakukan maka ketika bayi mulai dewasa dan anda ajari membaca Al-Quran kemungkinan besar sang anak akan mudah memahami dan mengerti
Menjadi teladan untuk anak
perlu diketahui bahwa anak adalah seorang peniru hebat. Oleh karena itu hendaknya para orang tua memberikan contoh yang baik agar anak menirunya, jika orang tuanya rajin mengaji, menghafal, dan mengamalkan Al-Quran maka secara tidak sadar anak akan menirunya.
Kedua hal di atas adalah sesuatu yang penting karena itu adalah kunci dari keberhasilan seorang anak menghafalkan Al-Quran, semoga artikel ini dapat memberi manfaat kepada semua para pembaca dan para muslim di Dunia. 

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com