Rabu, 04 November 2015

Cara Menanamkan Aqidah Pada Anak

Sumber Gambar : www.google.com


Kita sebagai seorang yang beragama Islam tentu tidak ada panduan yang lebih didahulukan dalam menyikapi setiap hal kecuali Al-Qur’an. Begitu juga dengan cara-cara untuk mananamkan akidah pada anak kita harus menggunakan panduan Al-Qur’an sebagai bahan untuk mendidiknya.

Sehebat apapun karya cipta manusia, secanggih apapun karya cipta manusia dan sebanyak apapun karya cipta manusia yang ada di dunia ini sehingga kita bisa memilihnya dengan mudah sesuai yang dibutuhkan, kita sebagai orang islam harus mengutamakan Al-Qur’an dan Sunnah sebagai media untuk menemukan kebahagiaan hidup. Hal ini juga termasuk keadalam menanamkan aqidah pada anak.

Jika kita membicarakan pendidikan, Agama Islam meletakan pendidikan aqidah di level paling atas. Seperti yang ada pada Nabi Ya’kub yang telah diberi petunjuk pada Allah. Coba lihat Qs. Al-Baqarah [2]: 133) yang memiliki arti “Adakah kamu hadir ketika yakub kedatangan(tanda-tanda) maut, ketika ia bertanya kepada anak-anaknya :”Apakah yang kamu sembah sepeninggalku?”

Seperti yang sudah di tafsirkan Ibn Katsir, menjelaskan orang tua memiiki kewajiban untuk memberikan wasiat senantiasa beribadah kepada Allah kepada para anak-anaknya. Hal ini menjadi dasar kewajiban orang tua terhadap anak-anaknya juga mencakup untuk menanamkan aqidah pada anak agar kelak tiada yang mereka sembah kecilai Allah SWT. Lalu bagaimana cara menanamkan aqidah pada anak? Berikut akan kami rangkumkan untuk Anda.
  •   Memberikan cerita atau nasehat dengan cerita atau kisah yang mengesakan Allah SWT
Cara yang pertama untuk menanamkan aqidah pada anak adalah dengan memberikan pengertian kepada anak yang mengesakan Allah SWT. Sebagai orang Islam untuk memberikan pendidikan ini sebenarnya sangat mudah karena memang Al-Qur’an memiliki banyak sekali kisah-kisah yang sangat inspiratif dalam menanamkan nilai ketauhidan.

Tidak semua orang pandai memahami cerita yang pada Al-Qur’an, jika anda kurang begitu paham anda bisa belajar kepada orang yang lebih mengetahui. Tidak usah malu-malu karena tentu anda juga prnah mendengar dalam belajar tidak ada batasan usia.

Namun belajar Al-Qur’an tentu tidak bisa serta merta satu minggu selesai, untuk menyiasatinya anda bisa membelikan buku yang mengangkat tema kisah inspiratif dalam Al-Qur’an. Sembari menunggu anda paham dengan yang ada pada Al-Qur’an anak bisa membaca kisah-kisah inspiratif tersebut.
  •   Ajak anak untuk melakukan aqidah
Jika anak sudah mulai mengerti tentang sebagian nilai Aqidah, langkah yang  dalam menanamkan aqidah pada anak dengan cara mengajak anak untuk melaksanakan apa yang ada dalam aqidah dalam kehidupanya. Kita bisa mengajak anak untuk menunaikan sholat, mengejak ke masjid, dan ajak anak untuk mendengarkan lantunan ayat suci Al-Qur’an.
  •   Kenalkan anak pada seseorang yang bisa membuatnya berpikir sesuai dengan agama  Islam
Dalam upaya menanamkan aqidah pada anak ini, kita bisa mencarikan guru untuk menguatkan aqidah yang ada pada diri anak, ajak anak agar mau mengunjungi dan bergaul di lingkungan seperti pesantren. Banyak hal akan anak anda dapatkan dari lingkungan seperti ini.

Demikian beberapa hal yang mungkin bisa membantu para orang tua untuk menanamkan aqidah pada anak. Semoga dapat memberikan manfaat

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com