Senin, 02 November 2015

Keajaiban Puasa Hari Senin dan Kamis

Semua umat Islam pasti pernah mendengar bahwa puasa senin kamis adalah salah satu puasa sunah yang dianjurkan untuk dilakukan. Puasa senin kamis adalah puasa yang di dalamnya memiliki keistimewaan dan beberapa keutamaan tersendiri. Nabi Muhammad SAW sendiri telah menganjurkan umat muslim untuk mengamalkannya, meskipun puasa senin kamis adalah amalan yang tergolong sunah tetapi jika dilakukan akan mendapat keistimewaan sendiri dimata Allah SWT.
Nabi Muhammad SAW adalah orang yang paling banyak melakukan puasa di hari senin dan kamis dan ketika beliau ditanya apa manfaat dari puasa senin kamis ini? Nabi Muhammad menjawab “Barang siapa melakukan amal apa saja pada Hari senin dan kamis maka Allah akan mengampuni dosa semua orang muslim kecuali dua manusia yang sedang bermusuhan oleh karena itu sebaiknya tangguhkan keduanya terlebih dahulu”.
Mengapa Allah menganjurkan umat Islam untuk melakukan puasa senin kamis? Karena hari senin dan kamis adalah hari yang di dalamnya memiliki beberapa keistimewaan dan keutamaan tersendiri. Salah satu keistimewaannya adalah amal manusia pada hari senin dan kamis akan diperiksa sendiri oleh Malaikat.
Keutamaan puasa senin dan kamis diantaranya adalah dimasukkan ke dalam surga tanpa hisab dan diberi banyak kenikmatan di akhirat. karena itu adalah salah satu balasan yang diberikan oleh allah  untuk mereka yang suka bertirakat didunia. Dengan puasa senin kamis seseorang akan terhindar dari siksa api neraka yang amat pedih dan mampu menjadi penolong pada hari kiamat dan menjadi hamba yang lebih dekat dengan Allah SWT. Karena hukum puasa ini sunah jadi siapa saja yang menjalankannya akan mendapatkan pahala dan yang tidak menjalankannya tidak akan mendapat dosa, akan tetapi manfaatnya sangat besar dan menolong.
Selain bermanfaat kelak di akhirat puasa senin kamis juga baik untuk kesehatan tubuh, mengeluarkan racun dalam tubuh, organ pencernaan dapat beristirahat, menurunkan kadar lemak, melatih mental, dan menimbulkan tiga kecerdasan yaitu kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual.

Oleh karena itu alangkah baiknya jika kita umat muslim mengerjakan apa yang diperintah oleh allah baik yang wajib maupun yang sunah. Semoga sedikit wacana di atas mampu menjadi salah satu motivasi bagi kaum muslim agar lebih rajin melaksanakan yang diperintah Allah. Semoga bermanfaat. 

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com