Selasa, 03 November 2015

Tata Cara Beribadah Haji

Melaksanakan ibadah haji adalah impian setiap muslim. Haji adalah salah satu ibadah yang masuk ke dalam rukun islam. Agar haji seseorang dapat dikatakan haji mabrur dan berkah tentunya harus mampu memenuhi syarat, rukun, larangan, dan kewajiban ketika melakukannya. Sebagian orang yang sudah melaksanakan ibadah haji tentu mengetahui syarat dan rukunnya tetapi untuk orang yang belum pernah melaksanakannya ada baiknya anda membaca sekilas tentang tata cara beribadah haji.
Di bawah ini ada beberapa tata cara melaksanakan ibadah haji diantaranya:
1.       Pertama memulai ibadah haji adalah pada tanggal 8 zulhijjah, pada tanggal ini yang perlu dilakukan adalah ihram, sebelum dzuhur pergi ke mina. melakukan sholat dzuhur, ashar, magrib, isya’ dan subuh disana.
2.       Hari selanjutnya yaitu pada tanggal 9 zulhijjah yang dilakukan adalah pergi ke padang arafah setelah matahari terbit. Sholat zhuhur asarnya dijama’ taqdim dan diqoshor dengan satu adzan dan dua iqomah. Di arafah disunahkan untuk berdiam diri dan berdzikir sampai terbenamnya matahari. Setelah itu pergi ke muzdhalifah untuk bermalam. Sholat magrib dan isya’ juga dijama’ dan diqoshor. Sholat subuh juga dilakukan di muzdalifah.
3.       Sebelum matahari terbit dianjurkan untuk segera pergi ke Mina untuk melempar jumroh aqobah, menyembelih hadyu, thawaf ifadah, mencukur rambut untuk laki laki. Hal ini dilakukan pada tanggal 10 dzulhijah.
4.       Pada tanggal 11 zulhijah ketika matahari sudah tergelincir sebelum kembali ke mabit mina orang yang haji di wajibkan untuk melempar 3 jumroh yaitu jumroh sugra, jumrah wutsqo, dan jumroh aqobah.
5.       Pada tanggal 12 zulhijah amalan yang dilakukan sama dengan tanggal 11 zulhijah. Untuk mereka yang ingin segera mengakhiri hajinya maka ambillah nafar awal dan melakukan thawaf wadha’.
6.       Tanggal 13 zulhijjah amalan yang dilakukan sama dengan tanggal 11  dan 12 dan menjadi hari terakhir untuk melakukan thawaf wada’.

Melakukan ibadah haji hanya diperuntukan untuk mereka yang beragama islam, baligh, bukan budak, memiliki kemampuan jasmani dan rohani, dan berakal sehat. Semoga penjelasan tentang tata cara beribadah haji di atas dapat bermanfaat untuk anda. Terimakasih. 

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com