Selasa, 03 November 2015

Tata Cara Puasa Daud dan Manfaatnya

Puasa adalah suatu perintah yang diperintahkan langsung oleh Allah yang sebaiknya dilakukan oleh hambanya. Puasa memiliki beberapa macam diantaranya puasa yang wajib maupun puasa yang sunah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan sedikit tentang puasa sunah. Puasa sunah ada banyak jenisnya diantaranya adalah Puasa Daud. Sebagian orang pasti ada yang pernah melakukan puasa sunah ini. tata cara puasa sunah Daud ini yaitu dengan sehari berpuasa dan sehari lagi tidak berpuasa. Jadi jika hari ini berpuasa besok tidak boleh berpuasa dan selanjutnya berpuasa lagi atau bisa dikatakan dengan puasa berselang seling.
Cara mengerjakan puasa Daud ini yang baik dan sah adalah dengan selang seling. Dan puasa Daud ini boleh dilakukan sepanjang tahun. Pada hari hari tertentu yang diharamkan sebaiknya tidak berpuasa adapun hari yang diharamkan untuk berpuasa adalah pada hari Raya Idul Fitri, Idul Adha, dan Hari Tasrik. Pada hari Jum’at puasa Daud boleh dilakukan dengan niat puasa Daud. Dan sebaiknya puasa Daud ini dilakukan oleh seseorang yang sudah terbiasa puasa senin dan kamis dengan tujuan agar seseorang tidak kaget dan sudah terbiasa.
Sebagian ulama’ mengatakan seseorang sebaiknya tidak melakukan puasa sunah senin kamis ketika ia sedang melakukan puasa daud. Tata cara puasa Daud juga tidak beda jauh dengan puasa yang lainnya. Karena puasa Daud merupakan puasa yang cukup sulit. seseorang yang melakukannya juga harus mampu mengendalikan dirinya menjauhi perbuatan yang dilarang dan berusaha untuk memperbaiki diri.
Seseorang yang melakukan puasa Daud akan mendapatkan manfaat diantaranya:
-Terhindar dari segala jenis kemaksiatan.
jika seseorang mampu beristiqomah menjalankan puasa Daud dengan ikhlas dan benar maka ia akan terhindar dari segala kemaksiatan.
-Berakhlak yang baik
-Rendah hati
-Cara berfikirnya tenang, positif, dan bijaksana
-Mampu menahan emosi ketika hendak marah
-Allah akan mendatangkan rezeki kepadanya dari jalan yang tidak disangka sangka
-Mempunyai jiwa yang penuh syukur dan bertaqwa
-Dimasukan ke dalam surganya Allah tanpa hisab dan penuh kenikmatan
Itulah beberapa tata cara dan manfaat yang bisa kami jelaskan pada kesempatan ini semoga sedikit wacana di atas dapat memberikan informasi kepada para pembaca. Semoga bermanfaat.

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com