Selasa, 26 Januari 2016

Kebersihan dan Kesehatan Dalam Pandangan Islam

google pic
Secara harfiah, Islam dapat diartikan sebagai kedamaian. Mungkin sudah banyak yang mendengar tentang salah satu pepatah Islam, Kebersihan adalah sebagian dari iman. Dari kalimat tersebut dapat ditarik keseimpulan bahwa Islam menjadi agama yang sangat peduli dan memprioritaskan tentang kebersihan serta kesehatan. Kebersihan dan kesehatan dalam islam sangatlah penting. Dengan kebersihan, akan mampu mengurangi resiko timbulnya sejumlah penyakit pada tubuh kita. Kebersihan disini meliputi segala hal mulai dari kebersihan tubuh hingga kebersihan lingkungan. Salah satu contoh Islam peduli akan kebersihan adalah dengan mengharuskan untuk berwudlu sebelum menunaikan ibadah sholat.

Salah satu kebersihan dan kesehatan dalam islam yaitu dengan berwudlu. Berwudlu dilakukan minimal lima kali sehari dengan menggunakan air yang mengalir, saat berwudlu kita akan membersihkan sejumlah bagian tubuh mulai dari mulut, kepala, tangan, hingga kaki. Dengan cara ini kita dapat meminimalisir akan kemungkinan timbulnya sejumlah penyakit seperti penyakit gusi, infeksi kulit, serta masalah pada bagian kaki. Perlu diketahui bahwa dimasa lalu tak sedikit rumah sakit yang mendapatkan hujan kritikan lantaran tak menyediakan fasilitas untuk mencuci tangan. Hal ini memang sederhana namun terbukti mampu mengurangi timbulnya infeksi ataupun penyebaran bakteri hingga 60 persen.

Selanjutnya penyakit yang dapat disebabkan dari konsumsi minuman beralcohol. Didalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 220 sudah jelas disebutkan bahwa islam mengharamkan alcohol, (kamr) serta perjudian sebab diantara keduanya terdapat dosa besar dan juga kerugian yang lebih besar dibandingkan dengan manfaatnya. Menurut hasil penelitian sejumlah tim ahli medis, banyak kerugian yang disebabkan oleh alcohol yang bisa meliputi masalah psikologis, phisikal, maupun social.

Banyak pula yang menjadikan alcohol sebagai jalan pintas saat jiwa tengah dilanda dipresi dari sejumlah masalah kehidupan. Namun hal itu hanya akan membuat tenang sesaat dan justru menimbulkan banyak masalah pada organ tubuhnya. Alcohol mampu merusak organ dalam manusia yang berakibat muntah darah, buang air darah, serta pendarahan pada lambung yang parah. Beberapa organ yang terancam rusak karena efek alcohol adalah otak, hati, lambung, prankreas, maupun ginjal.

Islam sendiri juga mengakui akan kegunaan alcohol sebagai bahan pembuatan obat homeopati atau allopati dimana alcohol dijadikan sebagai bahan pelarut. Namun alcohol tidak dianjurkan untuk dikonsumsi begitu saja. Alcohol tak hanya berdampak pada kesehatan jasmani saja, namun lingkungan juga akan berpengaruh dengan masayarakat yang gemar mengkonsumsi alcohol dengan angka kriminalitas yang semakin tinggi.

Kebersihan dan kesehatan dalam Islam sangatlah peting. Dengan banyaknya petunjuk yang disampaikan untuk mencapai kedamaian baik secara jasmani maupun rohani. Rosulullah SAW bersabda bahwa tidak ada penyakit yang tidak disediakan obatnya oleh Tuhan. Saat ini bisa dijumpai sejumlah tanaman ciptaan Allah SWT yang bisa dijadikan obat penyakit seperti antibiotika pinisilin yang berasal dari jenis jamur Penicillium yang tumbuh pada buah atau roti busuk. Serta stimulant hati digoxin yang dapat dijumpai pada ekstraksi daun kering dari tanaman jenis foxglove.

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com