Selasa, 26 Januari 2016

Panduan Mendidik Anak Sesuai Ajaran Islam


google pic
Para ahli berpendapat bahwa cara mendidik anak yang baik dan benar adalah dengan harus mengutamakan pendidikan karakter. Banyak metode cara mendidik anak yang selama ini dipakai oleh sejumlah orang tua namun tak sedikit diantara mereka yang sebenarnya menggunakan cara yang tak sesuai dengan ajaran agama Islam. Bagi orang tua yang beragama Islam, haruslah menjadi agama Islam sebagai pedoman hidup termasuk untuk mendidik buah hati yang tentunya harus sesuai dengan kaidah yang diajarkan oleh Islam. Meski demikian bukan berarti orang tua tidak boleh mengenalkan anak dengan dunia modern termasuk perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini.

Namun orang tua harus menempatkan ajaran islam sebagai pondasi utama yang harus dikenalkan sejak dini dan dijadikan sebagai prioritas disamping pendidikan modern. Dengan demikian anak nantinya mampu membedakan antara yang baik dan tidak baik serta yang diperbolehkan ataupun yang tidak diperbolehkan dalam ajaran Islam. Agama Islam melalui Rosulullah SAW memberikan tuntunan bahwa mendidik anak yang benar harus menggunakan metode apa, mengapa, dan bagaimana. Banyak cara yang bisa dilakukan orang tua untuk mendidik anak sejak masih kecil bahkan sejak masih dalam kandungan.

Cara mendidik anak yang benar sesuai dengan ajaran Islam adalah dengan mengenalkan anak akan kaidah-kaidah, pemahaman, pengetahuan tentang agama yang akan membantu anak belajar dalam tumbuh kembang. Dalam mendidik anak, Islam mengajarkan untuk selalu berpedoman pada Al-Qur’an, Al-Hadist, serta sunnah Islam lainnya yang memberikan acuan terhadap metode mengajar anak. Dalam pelaksanaannya mendidik anak yang benar dapat dilakukan dengan cara termasuk mengajarkan anak tentang aqidah dan tauhid sejak dini.

Anak sebaiknya harus dikenalkan dengan Aqidah Akhlak serta Tauhid yang menjadi tuntunan ajaran Islam sejak masih dini saat anak mulai mengenalkan lingkungan. Bahkan cara ini dapat dilakukan sejak anak masih dalam kandungan. Cara memperkenalkan Aqidah dan Tauhid dengan mendidik anak membaca Al-Qur’an, mengajarkan anak sholat dan beribadah lainnya, melatih anak mengucapkan Salam, serta mengejarkan anak untuk menghafalkan berbagai doa sehari-hari.

Dalam prakteknya, orang tua wajib memberikan tuntutan kepada anak mengenai cara melakukan ibadah yang benar seperti gerakan sholat, membaca Al-Quran yang baik dan benar, serta cara beribadah lainnya. Hal ini mampu mengajarkan anak untuk terbiasa dengan kewajiban-kewajiban yang harusn ditunaikan dalam kehidupan beragama nantinya. Yang perlu diingat dalam mendidik anak harus disertai dengan kesabaran dan tidak boleh memaksa mereka terlalu keras.

Selain itu Akhlak mulai juga sudah harus ditanamkan kepada anak sejak kecil. Hal itu dimulai dengan orang tua sendiri untuk memberikan contoh yang baik dimana anak memiliki kemampuan untuk menirukan orang tua. Dengan mendidik anak sesuai ajaran Islam,  saat anak tumbuh dewasa, mereka akan memiliki karakter kuat dengan menjadikan agama Islam sebagai pedoman hidup serta anak akan lebih siap untuk menghadapi segala tuntutan hidup dimasa mendatang.


META
Judul                     : Panduan Mendidik Anak Sesuai Ajaran Islam
Deskripsi            : Orang tua harus cermat dalam mendidik anak dengan menjadikan ajaran Islam sebagai pedoman untuk diperkanalkan kepada anak sejak dini disamping memberikan pendidikan modern. Dengan mengenalkan agama sejak kecil, akan akan memiliki karakter kuat yang bisa membedakan antara yang baik dan yang buruk serta akan terbiasa dengan kewajiban yang harus dilaksanakan nantinya.

Keyword             : Mendidik Anak Dalam Islam

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com