Selasa, 26 Januari 2016

Peran Istri Sholehah Dalam Keluarga

google pic
Rosulullah SAW bersabda bahwa sebaik-baik perhiasan didunia ini adalah seorang wanita sholehah. Perlu diketahui bahwa seorang istri memegang peranan penting dalam kehidupan berumah tangga setiap hari dan sangat dibutuhkan. Oleh karena itu seorang istri dituntut untuk mempunyai kualitas yang baik sehingga mampu menjadikan keluarga harmonis dan pendamping hidup yang ideal bagi seorang suami. Istri yang baik sesuai dengan ajaran Islam adalah istri sholehah yang memiliki perkataan, pemahaman, maupun kecenderungan untuk mengabdikan dirinya kepada keluarga dan semata-mata hanya mengharapkan Ridho dari Allah SWT. Dan Istri yang baik akan berusaha untuk mengupayakan selalu taat akan perintah Sang Pencipta.

Wanita muslimah adalah seorang wanita yang benar dalam Aqidah, sederhana, sabar, setia, menjaga kehormatannya ketika suami sedang tidak ada dirumah, mempertahankan keutuhan keluarga tatkala dalam keadaan susah maupun senang serta senantiasa mengajak keluarga dalam jalan Allah SWT.

Disamping menjalankan kewajibannya, seorang istri juga memiliki hak diantaranya adalah hak untuk mendapatkan nafkah dari suami baik untuk nafkah makan, pakaian, serta rumah sebagai tempat berlindung. Rosulullah SAW bersabda bahwa seorang suami wajib hukumnya memberikan nafkah kepada istrinya meski sang istri memiliki harta untuk mencukupi kebutuhannya.

Berikut beberapa hal yang harus dilakukan oleh seorang Istri untuk membuat keluarga yang sakinah:

1.      Memberikan Sambutan Yang Hangat Kepada Suami
Suami memiliki tugas utama untuk mencari nafkah secara halal untuk keluarganya. Sudah selayaknya istri menunjukkan perannya dengan memberikan sambutan yang hangat kepada suami usai pulang bekerja untuk sekedar meringankan beban suami usai seharian telah bekerja keras demi keluarga. Beberapa hal sederhana dapat dilakukan istri untuk menyambut kedatangan suami diantaranya dengan menunjukkan senyum dan wajah ceria, menyampaikan kabar yang menyenangkan terlebih dahulu dan baru kabar yang kurang menyenangkan andai hal itu ada, menyajikan hidangan kepada suami, dan lain-lainnya.

2.      Berbicara Dengan Lembut
Tak sedikit masih sering dijumpai seorang istri yang menyambut kedatangan suami usai bekerja dengan nada marah, kesal, ataupun nada tak enak lainnya terlebih saat sang suami telah pulang kerja. Berusahalah untuk menghindari hal tersebut karena hanya akan memancing emosi dan pertengkaran dalam rumah tangga lantaran hal sepele. Sebisa mungkin sambut kedatangan suami dengan perkataan yang lembut untuk memberikan kenyamanan pada suami.

3.      Berhias
Berhias menjadi sebuah kebiasaan wanita saat ini dalam rutinitas sehari-hari, namun sayangnya kebanyakan wanita berhias saat akan menghadiri acara tertentu atau saat akan berpergian sementara saat dirumah penampilan mereka terkesan biasa bahkan acak-acakan. Hal ini yang harus dirubah sebab Rosululaah SAW sudah jelas menganjurkan kepada istri untuk berhias yang ditujukan kepada suami.

4.      Melayani kebutuhan Biologis
Salah satu kewajiban dari seorang istri adalah melayani kebutuhan biologis suami kecuali saat tengah datang bulan. Dalam melaksanakannya seorang istri harus ikhlas untuk melayani suami agar tercipta suasana senang tanpa ada paksaan serta untuk menghindari timbulnya perselingkuhan dalam rumah tangga.

5.      Menjaga Keutuhan Keluarga
Menjaga keutuhan keluarga bukan hanya tugas dari suami melainkan istri juga harus melakukannya. Beberapa hal yang dapat dilakukan istri untuk menjaga keutuhan rumah tangganya sebagai berikut, iklhas menerima keadaan keluarga apapun itu, menjaga kesetiaan, menjaga kehormatannya, sabar dalam menjalani rumah tangga, serta menjalankan segala hal terkait rumah tangga yang sudah menjadi tugasnya.
META
Judul                     : Peran Istri Sholehah Dalam Keluarga
Deskripsi            : seorang istri memenag peranan penting dalam terciptanya keluarga harmonis dan sakinah. Istri memiliki tugas untuk membantu suami dalam membangun rumah tangga. Istri selain menerima hak dari suami juga memiliki tanggung jawab yang harus dilaksanakan. Beberapa hal yang harus dilakukan istri solehah untuk menjaga keluarga diantaranya, menyambut suami dengan baik, berkata lembut, berhias untuk suami, melayani kebutuhan biologis suami, serta menjaga keutuhan keluarga.

Keyword             : Peran Istri Dalam Keluarga

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com