Minggu, 21 Februari 2016

Amalan Puasa Muharram untuk Keluarga Sakinah





“Di dalam satu tahun ada dua belas bulan. Diantaranya terdapat empat bulan yang mulia. Tiga diantaranya berturut-turut; Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Muharram (Adapun bulan) Rajab berada di antara bulan Jumada dan Sya’ban” (H.R. Bukhari No. 2958 dari Abu Bakar).
Manfaat puasa di bulan Muharram adalah Allah akan memberikan pahala 10.000 orang berhaji dan umroh seta 10.000 pahala orang mati syahid, menghapuskan dosa setahun yang lalu.
“Puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan adalah puasa di bulan Allah; Muharram” (H.R. Muslim). Banyak peristiwa penting yang terjadi di Bulan Muharram, diantaranya adalah diangkatnya Nabi Isa ke langit, Nabi Sulaiman diberi kerajaan yang luas dan besar, Nabi Yunus selamat dari perut ikan paus, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Puasa di bulan Muharram dilakukan pada tanggal 9,10,11 Muharram. Keutamaan puasa di bulan Muharram adalah menahan amarah, bersedekah, memelihara kehormatan diri, dan masih banyak lagi yang lainnya. Diantara keutamaan itu, Puasa Muharram untuk keluarga sakinah.
Puasa Muharram akan melapangkan nafkah untuk anak dan istri. Fadhilahnya, Allah akan melapangkan orang tersebut sepanjang tahun itu. Sunnah membelanjakan hadiah untuk istri dan keluarga di hari Assyura, dan para sahabat menjadikan puasa untuk mereka yang masih anak-anak pula.
Ini berarti bahwa Puasa Muharram untuk keluarga sakinah memang diperlukan untuk menambah pengetahuan keluarga. Terutama bagi anak-anak. Bahwasannya selain puasa di bulan Ramadhan, masih ada puasa yang lainnya.
Puasa Muharram untuk Keluarga Sakinah akan melatih anak serta semua anggota keluarga untuk menahan amarah seperti layaknya puasa yang lainnya. Apalagi banyaknya godaan yang senantiasa dihadapi di setiap harinya.
Puasa Muharram untuk keluarga sakinah juga dibarengi dengan sedekah. Yaitu memberikan bantuan kepada fakir miskin dan anak yatim. Ini dapat dilakukan pada malam 10 Muharram. Biasanya adalah amalan untuk menyentuh rambut atau mengusap kepala anak yatim ketika kita memberikan santunan kepada mereka adalah hal wajib.
Puasa Muharram untuk keluarga sakinah juga bisa untuk memelihara kehormatan diri. Ini dimaksudkan sebagai hasil dari menahan amarah ketika puasa. Puasa Muharram untuk keluarga sakinah memang memberikan manfaat yang sangat luar biasa.

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com