Minggu, 14 Februari 2016

Cara Mendidik Anak Ala Rosululloh



 
sumber gambar:www.google.com
Setiap orang tua sudah pasti menginginkan anaknya menjadi anak yang cerdas, shaleh, membanggakan orang tuanya. Hanya saja terkadang antara keinginan dan upaya yang dilakukan seringkali tidak berjalan dengan seimbang. Anda sebagai orang tua pastinya lebih mengandalkan guru ataupun tempat les untuk dapat mencerdaskan anak-anak kita. Padahal sebenarnya kunci dari kecerdasan anak itu justru saat ada dirumah dan ada pada kedua orang tua. Sebagai orang tua anda perlu memahami bagaimana tahapan dalam mendidik anak sesuai dengan usianya. Dibawah ini saya akan menjelaskan tentang cara mendidik anak ala Rosululloh yang tentunya akan membantu kita dalam mencerdaskan anak-anak kita, terutama secara intelektual ataupun emosi.
Ø      Cara mendidik anak ala Rosululloh, bila umur anak antara 0 hingga 6 tahun. Pada masa ini, Rosululloh SAW menyuruh kita untuk mengasihi, memanjakan dan juga menyayangi anak dengan penuh kasih saying yang tak terbatas. Usahakanlah untuk bersikap adil kepada anak anda, entah anak sulung ataupun anak bungsu. Anda tidak boleh memukulnya meskipun dengan alasan untuk mendidiknya. Dengan begitu anak-anak pasti akan merasa bahwa anda adalah bagian dari dirinya saat anak besar nanti. Anak akan merasa aman dalam meniti masa kecil mereka karena mereka tahu bahwa anda selalu ada disampingnya disetiap masa.
Ø      Cara mendidik anak ala Rosululloh, untuk anak umur 7 hingga 14 tahun. Bila anak anda sudah menginjak usia itu, yang perlu anda lakukan adalah tanamkanlah pada diri anak anda, sikap disiplin dan juga tanggung jawab. Menurut hadist dari Nabi Daud: Perintahkanlah anak kamu supaya mendirikan shalat ketika sudah berusia tujuh tahun dan pukullah mereka bila mereka meninggalkan shalat ketika berumur sepuluh tahun. Pukulan itu bukanlah untuk menyiksa mereka melainkan sekedar untuk mengingatkan mereka. Tapi jangan sampai anda memukulnya dibagian muka karena muka adalah tempat penghormatan seseorang.
Ø      Cara mendidik anak ala Rosululloh, untuk anak usia 15 hingga 21 tahun. Inilah fase remaja datang, dimana anak akan sering memberontak anda. Disaat seperti ini, anda sebagai orang tua harus bisa mendekati anak anda dengan berkawan dengannya. Sebagai orang tua, ada baiknya anda sebagai pendengar setia anak anda. Sehingga mereka tidak akan terpengaruh untuk keluar rumah mencari kesenangan yang lain.
Ø      Cara mendidik anak ala Rosululloh, saat anak berumur 21 tahun keatas. Inilah saatnya orang tua perlu memberikan sebuah kepercayaan kepada anaknya dengan memberikan kebebasan dalam membuat sebuah keputusan mereka sendiri. Sebagai orang tua, anda hanya perlu menasehati, memantau dan juga mendoakannya agar setiap tindakan yang mereka ambil itu benar.

Itulah beberapa cara mendidik anak ala Rosululloh. Anda bisa menerapkan hal-hal diatas untuk dapat mendidik anak anda. 

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com