Minggu, 21 Februari 2016

Romantisme Keluarga Rasulullah dan Ummul Mukminin



Ummul Mukminin adalah gelar yang Allah berikan secara khusus untuk para istri Rasulullah. Rasulullah adalah suri tauladan yang baik bagi seluruh umat manusia. Termasuk dalam hal berkeluarga. Rasulullah sangat bersikap rendah hati terhadap istri-istrinya. Rasulullah pun tidak malu apabila harus membantu dalam menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. Sedangkan Rasulullah pun memiliki banyak amanah dakwah yang harus ditunaikan, meskipun begitu beliau tidak pernah sekalipun mengabaikan keluarganya. Bahkan Rasulullah juga memiliki sikap romantisme.

Sikap romantisme Rasulullah memang terlihat sederhana, namun bagi istri-istri beliau, Rasulullah adalah seorang suami yang sangat romantis. Ketika di rumah, Rasul sering berpegangan tangan, membersihkan atau memotong kuku istrinya, memanggil istri dengan nama-nama tertentu, mandi janabat bersama dan lain sebagainya. Dan tentunya sikap romantisme tersebut membuat para istri beliau merasa bahagia.

Contoh sederhana dari sikap romantisme  adalah, pernah suatu ketika ada salah seorang dari istri beliau bertanya, “Di antara istri-istri Rasul, siapakah yang paling disayangi?”. Rasul hanya tersenyum sembari menjawab, “Akan ku beritahu kalian nanti”. Setelah percakapan tersebut, dalam kesempatan yang berbeda Rasul memberikan cincin kepada istri-istrinya, namun beliau berpesan agar tidak memberitahukan hal tersebut kepada istri-istri yang lain. Kemudian pada suatu hari, para istri beliau berkumpul dan menanyakan hal yang sama seperti sebelumnya, “Ya Rasul, di antara kami siapakah yang paling engkau sayangi?”. Rasulullah menjawab, “Yang paling aku sayangi adalah ia yang aku beri cincin”. Para istri Rasul pun tersenyum bahagia mendengar jawaban beliau.

   Meskipun Rasulullah memiliki istri lebih dari satu, hal itu tidak membuat para istri beliau merasa terasing. Rasulullah mampu bersikap adil terhadap istri-istrinya, dan mampu menciptakan romantisme yang memiliki kesan tersendiri bagi para istrinya. Misalnya, ketika Rasulullah akan bepergian dan ingin mengajak salah satu dari istri beliau untuk ikut, Rasulullah mengundinya terlebih dahulu, agar tidak ada rasa iri di hati mereka.

   Itu hanya sebagian kecil dari kisah romantisme keluarga Rasul dengan Ummul Mukminin yang patut diteladani dan dipraktekkan dalam kehidupan rumah tangga agar anda dapati surga di rumah anda, dan kelak mendapat surga-Nya. In Shaa Allah.

www.fastabiq.com

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com