Minggu, 28 Februari 2016

Sedekah Tak Sekedar Rupiah: Keutamaan Melakukan Sedekah



Sedekah adalah perbuatan terpuji yang tentu harus dilakukan oleh manusia sehingga memberikan kebaikan pada orang lain. Memberikan sedekah tak dibatasi oleh bentuk rupiah belaka. Hal ini karena ada beberapa cara dan bentuk sedekah lain yang harus anda ketahui. Berbicara mengenai sedekah tak sekedar rupiah, memberikan senyuman juga merupakan salah satu bentuk sedekah yang bisa dilakukan. Senyuman kepada seseorang akan memberikan banyak kebaikan sehingga bisa dianggap sebagai sedekah.

Rasullulah pernah bersabda dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi yang menyebutkan bahwa senyummu terhadap wajah saudaramu adalah bentuk dari sedekah. Jadi anda tak perlu khawatir jika tak memiliki uang sepeser pun untuk disedekahkan karena hanya dengan menarik dua ujung bibir dan tersenyum, perbuatan anda tersebut bisa dikategorikan sebagai sedekah tak sekedar rupiah belaka.

Bila seorang hamba sedang gundah gulana dan tidak bisa mengeluarkan senyum ikhlas mereka untuk orang lain, maka setidaknya tak perlu menunjukkan wajah gundah atau susah yang menjadikan orang lain khawatir terhadap keadaan diri orang tersebut. Memberikan wajah yang indah dan menenangkan adalah bentuk lain dari sedekah. Itulah mengapa sangat mudah bagi umat muslim untuk sedekah tak sekedar rupiah.

Sedekah memiliki banyak keutamaan di antaranya adalah diangkat derajat oleh Allah. Seperti hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim, Rasulullah pernah bersabda bahwa tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah. Dengan kata lain bahwa derajat orang yang memberikan sedekah, baik berupa uang ataupun bentuk lain, lebih tinggi dibandingkan dengan derajat orang yang menerima sedekah tersebut ataupun orang yang meminta-minta. Inilah salah satu bukti bahwa sedekah tak sekedar rupiah itu sangat penting untuk dilakukan.

Orang yang memberikan sedekah tak sekedar rupiah menunjukkan bahwa dirinya adalah orang yang beriman. Mengapa? karena orang yang bersedekah menunjukkan bahwa diri mereka adalah orang yang pemurah sehingga rela memberikan apa yang dia miliki untuk orang lain. Bentuk lain yang menunjukkan bahwa sedekah tak hanya berupa uang adalah berupa keluangan waktu untuk membantu seseorang. Selain senyuman, memberikan waktu luang anda untuk orang yang membutuhkan juga dianggap sebagai sedekah karena anda rela dan ikhlas untuk membantu seseorang dalam hal kebaikan.

Saling mengucapkan salam juga menjadi bukti bahwa sedekah tak sekedar rupiah. Anda bisa mengucapkan salam atau kata sapaan lain yang bisa mempererat tali silaturahmi anda dengan orang lain. Dalam memberikan salam pada sesama muslim, Rasulullah bersabda bahwa seorang hamba tidak akan  masuk surga hingga mereka beriman. Seorang yang beriman adalah mereka yang saling mencintai. Dan hal yang membuat seseorang saling mencintai adalah dengan saling bertebar salam. Semoga bermanfaat.



0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com