Kamis, 25 Februari 2016

Sehat Dengan Air Putih ala Rasulullah SAW


Islam adalah agama yang sempurna, namun pernahkah kita sadari bahwa kita seringkali hanya mengimani kesempurnaan dan melupakan untuk mempelajari petunjuk yang tersirat dari islam yang sempurna? Salah satu petunjuk dalam Al-qur'an adalah tentang keilmuan air. Petunjuk keilmuan tentang air misalnya. Pada surat Al-waqiah ayat ke 68 telah termaktub denga jelas “maka terangkanlah kepadaku air yang engkau minum” jelas terlihat bahwa arti dari ayat tersebut memerintahkan kita untuk mengungkap kandungan air, dan tentunya melalui studi ilmu pengetahuan.

Kata air dalam Alquran seringkali disebut, “ dan dari air kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tida juga beriman ?” (QS. 21:30). Dalam ayat tesebut disebutkan bahwa air putih dalam islam merupakan sumber kehidupan, orang mungkin akan dapat bertahan hidup tanpa makan namun mustahil jika seseorang hidup tanpa minum (kecualai mereka yang dikarunia keistimewaan oleh Allah). Sebagai sumber kehidupan, meminum air putih dalam islam juga diatur adabnya. Adab meminum air putih dalam islam dijelaskan dalam hadist berikut :

1.      Rasulullah SAW bersabda, “ janganlah kalian minum sambil berdiri. Barang siapa lupa sehingga minum sambil berdiri, maka hendaklah ia berusaha untuk memuntahkannya.” (HR. Ahmad no 8135).

Hadist adab meminum air putih dalam islam ini telah dibuktikan oleh dunia medis. Minum air putih sambil berdiri dapat menyebabkan gangguan ginjal, pasalnya meminum air sambil berdiri akan membuat filter dalam ginjal terbuka sehingga air yang diminum akan langsung masuk ke kantong kemih. Jika hal ini berlanjut maka akan ada kerusakan ginjal yang serius.

2.      Bahwasanya Nabi SAW melarang nafas di tempat minum. Maka ada seseorang yang bertanya: “wahai rasululah, terkadang ada gelembung udara yang keluar di bejana (tempat minum)”. Rasulullah bersabda :” keluarkanlah itu !”. Lalu lelaki itu berkata :”wahai rasulluah, hausku tak akan hilang dengan sekali teguk saja” raslullah bersabda :”kalau begitu minumlah beberapa teguk lalu ambil nafas” (HR.Atirmidzi 764). Adab meminum air putih dalam islam ini juga telah dibuktikan oleh ilmu pengetahuan.

Meminum air dengan bernafas dalam gelas akan membuat reaksi kimia antara H2O dan CO2 sehingga mmbentuk H2CO3, zat ini berbahaya jika masuk dalam tubuh. Karena itu minumlah air putih sesuai anjuran Rasulullah atau yang lazim kita kenal sebagai adab meminum air putih dalam islam. Karena dengan begiitu kita akan mendapatkan manfaat air putih yang menyehatkan.

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com