Minggu, 28 Februari 2016

Sikap Baik Kepada Tetangga




Seperti sabda Rasulullah SAW yang mengatakan bahwa “Sebaik-baik sahabat di sisi Allah adalah sebaik-baik manusia kepada sahabatnya dan sebaik-baik tetangga adalah orang yang paling baik terhadap tetangganya”. (HR. Ahmad dan At-Tirmidzi).

Dari itulah kita diharuskan berbuat baik kepada tetangga kita. Mengingat dalam bermasyarakat kita saling membutuhkan antara satu sama lain. Ada beberapa sikap baik kepada tetangga yang harus dimiliki oleh setiap anggota masyarakat.

Pertama, sikap baik kepada tetangga adalah tidak menyakiti tetangga dan selalu murah hati. Seperti sabda Rasulullah SAW” Barangsiapa yang beriman kepada Allah SWT dan hari akhir, maka janganlah ia menyakiti tetangganya”(Muttafa’alaih). Kita dilarang menyakiti tetangga baik karna perkataan maupun dengan perbuatan, hendaknya selalu murah hati dengan bersikap baik, santun dan menghorrmati sesama tetangga.

Kedua, sikap baik kepada tetangga adalah selalu memulai salam. Seperti sabda Rasulullah “Maukah aku beritahu kepada kalian tentang sesuatu jika kalian mengerjakanya, maka kalian akan saling mencintai: Tebarkan salam diantara kalian” (HR. Muslim). Dari situ kita tahu betapa banyak manfaat mengucapkan salam, yaitu bisa menumbuhkan rasa cinta, sehingga akan terjalin rasa akrab sesama tetangga. Dengan salam juga akan menghilangkan rasa canggung dan sungkan, sehingga menghindarkan sifat angkuh dan sombong.

Ketiga, sikap baik kepada tetangga adalah mau menolong dan membantu ketika tetangga kesulitan. Tidak jarang orang yang acuh tak acuh dengan keadaan tetangganya, bahkan ketika tetangganya sedang terkena musibah dia pura-pura tidak tahu. Padahal sesame muslim, seharusnya kita saling membantu. Bantuan yang diberikan tidak harus bantuan materi, namun juga bantuan non materi berupa rasa solidaritas dengan mendoakan dan member dorongan hati agar tetap sabar dan tabah menerima musibah yang dialami.

Keempat, sikap baik kepada tetangga adalah menasehati dengan lemah lembut. Dalam bertetangga pastilah pernah terjadi kesalah pahaman karena perbedaan pendapat atau perilaku yang tidak disengaja. Oleh sebab itu, jika salah satu merasa tidak nyaman atau tidak suka dengan sikap atau perbuatan tetangga tersebut, anda bisa menasehatinya dengan kata-kata yang sopan dan baik agar tidak menyinggung perasaanya. 

0 Silahkan dikomentarin :-):

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com